Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia!

Balapan TQuartararo di Petronas Apa yang Bisa Dia Banggakan?
Balapan Terakhir Quartararo di Petronas Apa yang Bisa Dia Banggakan?

RiderTua.com – Fabio Quartararo merasa bingung dengan motornya, karena semua perubahan sia-sia, ini buruk, katanya… “Kami tidak pernah mengalami masalah seperti ini,” kata pembalap Petronas Yamaha itu setelah sesi latihan bebas hari Jumat di MotoGP Valencia-2. Dan lebih buruknya lagi, sejauh ini semua perubahan yang dilakukan Yamaha tidak menghasilkan apa-apa. Lha trus aku kudu piye jal..?

Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia!

“Perasaan itu tidak baik benar-benar tidak baik dan aneh,” kata Fabio Quartararo setelah berada di urutan ke-16 pada sesi latihan bebas hari Jumat.

“Saat kami melakukan perubahan besar pada motor, biasanya kami merasakan perbedaaan yang meningkat. Tapi hari ini adalah pertama kalinya kami mengubah hal-hal besar, dalam latihan bebas dan perasaannya masih sama, tidak lebih buruk atau lebih baik.”

Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia
Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia

“Kami menyesuaikan motor agar lebih lembut di bagian depan, kami mencoba pemetaan, mencoba peredam kejut yang berbeda banyak hal yang biasanya tidak kami lakukan. Biasanya hanya detail. Masalahnya adalah kami masih tidak melihat adanya perbedaan. Itu aneh. Saya biasanya pembalap yang sangat sensitif dengan motor. Tapi hari ini saya tidak melihat apa-apa,” kata bintang muda MotoGP Petronas Yamaha itu yang tampak bingung.

Apa kesulitan Quartararo musim ini? Dia menjawab, “Biasanya, ‘trail braking’ yaitu pengereman ke tikungan, dan kecepatan menikung adalah kekuatan kami. Sekarang motor sangat tidak stabil saat pengereman, dan saat menikung motor malah terdorong keluar. Kami tidak pernah mengalami masalah ini, baik pada 2019 maupun pada 2020. Oleh karena itu, sulit untuk dipahami,” keluh ‘El Diablo’.

“Kami masih harus melihat ke arah mana kami akan menuju FP3, tapi pasti akan lebih ekstrim lagi.”

Apakah pembalap berusia 21 tahun dari Nice itu merasa khawatir? “Sedikit. Karena biasanya kita tahu kenapa kita punya masalah. Dan saat kita melakukan perubahan, biasanya aku juga merasakan sesuatu. Aku datang ke pit dan bisa mengatakan apakah itu lebih buruk atau lebih baik.”

“Sesuatu terjadi. Tapi hari ini, dengan semua perubahan yang kami buat, persis sama. Jadi ya, saya sedikit khawatir karena besok saya akan memasuki trek dengan motor yang belum pernah saya kendarai seperti ini sebelumnya. Ini akan sulit,” ujar Quartararo.

Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia
Quartararo Bingung dengan Motornya: Semua Perubahan Sia-sia

Yamaha Melempem

Masalah utama pada Yamaha 2020 adalah, pembalap dapat dengan cepat tersesat dalam set-up baru, kemudian kembali ke set-up standar, karena tidak berfungsi…

“Ya, itulah masalah utama atau salah satu masalah utama. Tahun lalu kami dapat menyesuaikan setingan dasar normal. Tapi tahun ini cakupannya sangat kecil. Sulit untuk dimengerti.”

“Pertama, Anda tersesat dengan sangat cepat, dan kedua, sulit untuk dipahami. Masalah yang saya alami hari ini terjadi pertama kali. Tapi itu juga pertama kalinya saya tidak melihat perubahan besar seperti itu. Agak sulit untuk dipahami. “

“Di Jerez kami mulai dengan pole dan kemenangan. Dan sekali lagi pole dan kemenangan. Tetapi kemudian kita tersesat dan tiba-tiba kita hanya berada di urutan ke-8 atau ke-13. Setelah itu, motor bekerja dengan cukup baik lagi di Misano dan Catalunya dan kemudian tidak bekerja lagi. Tahun lalu saya menunjukkan bahwa saya jauh lebih konsisten. Tapi tahun ini jauh lebih sulit, ” keluh runner-up di klasemen pembalap MotoGP 2020 ini.

Be the first to comment

Leave a Reply