Dokter Claudio Costa: Cedera Marquez yang Rumit

Dokter Claudio Costa: Cedera Marquez yang Rumit
Dokter Claudio Costa: Cedera Marquez yang Rumit

RiderTua.com – Salah satu orang yang paling tahu jenis cedera yang diderita Marc Marquez adalah Dokter Claudio Costa, yang berbicara tentang situasi yang dihadapi pembalap Honda itu seperti dilansir media Spanyol.. “Jika dia menderita pseudoarthrosis sekarang, semuanya akan lama (penyembuhannya), jadi saya akan mengoperasinya” katanya.. Kondisi kesehatan Marc Marquez tetap menjadi teka-teki. Waktu pemulihan akan dimulai dari awal. Marc Marquez akan membutuhkan 6 bulan istirahat lagi. Sementara musim MotoGP 2021 akan dimulai dalam empat setengah bulan…

Dokter Claudio Costa: Cedera Marquez yang Rumit

Dr. Costa berbicara tentang situasi yang sedang dialami Marc Marquez dan mengatakan apa yang akan dia lakukan saat ini. Kondisi kesehatan Marc Marquez tetap menjadi teka-teki. Selasa lalu, HRC mengonfirmasi bahwa pembalap MotoGP asal Spanyol itu juga akan absen di dua balapan terakhir tahun 2020, seperti dikutip dari motosan.es (12/11)..

Cedera yang rumit

Cedera rumit yang tampaknya menjadi masalah bagi Marc Marquez. “Penderita pseudoarthrosis (sendi palsu) mengeluhkan nyeri yang menetap setelah sekian lama setelah kejadian traumatis. Nyeri ini bisa konstan atau hanya bisa dirasakan saat menahan beban atau bergerak. Radiografi yang sesuai biasanya cukup untuk membuat diagnosis pseudoatrosis. Dalam beberapa kasus, computed tomography dan magnetic resonance imaging dapat dilakukan untuk intervensi yang lebih kompleks”.

Dokter Costa melanjutkan, “Marc mengalami patah tulang humerus di area di atas saraf, jadi dari sudut pandang ini seharusnya tidak ada masalah. Humerus yang dioperasi dengan sekrup dan pelat membutuhkan waktu tiga bulan untuk sembuh, tetapi terkadang butuh waktu untuk sembuh dan dalam kasus yang tidak menguntungkan dapat menyebabkan nonunions (gagalnya tulang untuk menyatu dan tidak didapatkan konsolidasi antara 6-8 bulan).

Jika itu hanya satu penundaan harus menunggu bahkan tiga bulan … tetapi di sini kita berbicara tentang seorang pembalap yang harus berada di trek dengan kondisi 100% pada akhir Februari. “Jika saya harus melakukan operasi lagi sekarang, dia tidak akan siap untuk tes tahun depan. Anda harus sangat berhati-hati dengan waktu pemulihan,” kata Dokter itu..

Honda menolak semua jenis operasi lagi. Namun, jika dia menjalani prosedur lain, kira-kira seperti berikut.. “Ambil dua batang tulang panggul, biasanya dari puncak iliaka panggul dan dilakukan cangkok tulang.”

Dr. Michele Zasa - Dr. Claudio Costa
Dr. Michele Zasa – Dr. Claudio Costa

6 Bulan

Dr. Costa menjelaskan dengan jelas apa yang akan dia lakukan jika dia adalah dokter yang menangani cedera ini. “Jika ada nonunion (gagalnya tulang untuk menyatu) sekarang, semuanya akan lama, aku akan mengoperasinya.”

Kondisi kesehatan Marc Marquez tetap menjadi teka-teki. Dalam hal ini, waktu pemulihan akan dimulai dari awal. Marc Marquez akan membutuhkan enam bulan istirahat lagi, antara imobilisasi paksa anggota badan (tiga bulan) dan rehabilitasi yang sulit selama itu. Musim 2021 akan dimulai dalam empat setengah bulan dan Marc akan mendapati dirinya tanpa membalap di MotoGP selama lebih dari setahun. Antara lain dengan musim ini. Sementara Andrea Dovizioso menunggu, dan siap untuk panggilan yang memungkinkan untuk membantu Pol Espargaro.

Be the first to comment

Leave a Reply