Yamaha Tantang PCX Hybrid, Motor Baru?

honda pcx hybrid di IIMS 2018
(Foto: otomotif kompas.com) honda pcx hybrid di IIMS 2018

RiderTua.com – Tak disangka Yamaha mau tantang Honda PCX Hybrid setelah sekian lama. Mungkin agak aneh kalau merek motor ini tak memberi komentar apapun ketika skutik hibrida tersebut diluncurkan secara resmi. Yamaha tantang PCX Hybrid dengan menyiapkan model baru. Namun belum jelas apakah itu motor yang benar-benar baru atau justru varian hybrid untuk NMAX.

Yamaha Tantang PCX Hybrid Dengan Model Baru

Soal skutik hybrid, sebenarnya jumlahnya tak terlalu banyak di sejumlah negara jika dibandingkan dengan motor listrik. Padahal skutik hibrida menjadi alternatif konsumen yang masih belum menginginkan sepeda motor listrik. Terlebih jika kendaraan EV masih belum mendapat insentif di suatu negara, seperti di Indonesia.

Dari sejarahnya, motor hybrid sudah dirintis sebelum mobil hibrida mulai dijual. Tapi entah mengapa rencana tersebut belum terwujud, bahkan pertumbuhannya bisa dikatakan jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan mobil hybrid. Inilah yang membuat Yamaha untuk memulai pengembangan motor hybrid, terlebih setelah Honda sukses dengan PCX Hybrid.

Yamaha tantang PCX Hybrid
(Foto: Otomotif Kompas)

Paten Sudah Diajukan

Beberapa waktu lalu, salah satu media Jepang mengungkapkan kalau Yamaha ketahuan mengajukan paten motor hybrid. Dari bocoran tersebut bisa diketahui cara kerja semua komponen yang ada. Seperti sistem hybrid serial yang mengandalkan mesin bensin untuk memberi daya jangkau pada motor listriknya.

Sementara motor listriknya akan mengalirkan sumber daya ke baterai sepeda motor. Dengan ini mesin hanya bekerja pada rpm tertentu, dan mampu mengurangi emisi yang dihasilkan, sehingga motor menjadi lebih ramah lingkungan. Tak asing? Memang karena cara kerjanya mirip dengan teknologi e-Power milik Nissan pada Kicks yang dijual di Indonesia.

Itu masih sekedar paten, dan belum bisa dipastikan apakah itu akan diterapkan pada motor biasa atau skutik. Tapi kalau rivalnya ditargetkan ke PCX Hybrid, bisa jadi itu ditujukan untuk salah satu skutik Yamaha. Atau paling tidak NMAX atau skutik MAXi Yamaha lainnya yang justru mendapatkan varian hibrida.

Be the first to comment

Leave a Reply