Sayap Aktif Motor Dikembangkan BMW Motorrad

RiderTua.com – Sepertinya sistem sayap aktif motor mulai dikembangkan oleh BMW Motorrad. Produsen motor gede alias moge ini mungkin melakukannya demi penggunaan bagian tersebut lebih jauh lagi. Sayap aktif motor dikembangkan untuk motor jenis sport full fairing. Mungkin BMW ingin memberikannya untuk produk andalannya atau yang baru.

Baca juga: Tiga Motor BMW-TVS Terbaru akan Hadir Tahun Ini

Sayap Aktif Motor Dikembangkan Untuk Motor Sport

Kabar ini tersiar setelah beredar bocoran desain paten motor yang sudah diajukan oleh BMW Motorrad di Jerman. Desainnya tak terlihat begitu rumit sehingga mudah dicermati, dan nampak ada bagian winglet pada motor yang mirip dengan yang ada di MotoGP. Bedanya, winglet ini akan digunakan pada motor street legal.

Sayap aktif pada desain paten tersebut memiliki dua skema, terdiri dari sayap di fairing dan samping jok, serta sayap di dekat suspensi dan swingarm belakang. Kedengarannya cukup menarik, meski BMW bukanlah yang pertama mengembangkannya, karena Honda sudah lebih dulu melakukannya. Tapi apa yang dilakukan BMW ini adalah peningkatan dari sistemnya.

Sayap aktif motor dikembangkan BMW Motorrad

Lebih Aerodinamis

Penggunaan sayap tentu sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh produsen motor, terlebih kalau jenisnya full fairing. Winglet sangat berguna untuk menambah tingkat aerodinamis motor serta downforce-nya lebih tinggi. Sehingga motor dapat melaju dalam kecepatan tinggi dan bisa lebih stabil dikendalikan.

Entah apa yang membuat BMW Motorrad baru mengembangkan winglet motor, sebagian ada yang menyebut ini sebagai persiapan untuk WSBK. Memang dalam ajang balapan ini produsen tak dibolehkan menggunakan winglet, tak seperti MotoGP. Tapi jika peraturannya sudah dikendurkan, maka BMW langsung tancap gas menerapkannya, walau mereka tak khawatir akan disalip lebih dulu oleh kompetitor lain.

Namanya paten tentu desainnya bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pilihan BMW sendiri. Tapi winglet ini akan menjadi sesuatu yang bagus karena pada akhirnya mereka bisa mengembangkan fitur yang lebih canggih lagi. Siapa tahu motor full fairing di masa depan banyak yang sudah memakai winglet layaknya motor balap.

Be the first to comment

Leave a Reply