Ekspor New Nissan Livina yang Dipertimbangkan Kembali

Avanza tetap kuasai segmen LMPV

RiderTua.com – Sepertinya ekspor New Nissan Livina sudah dipertimbangkan kembali oleh Nissan Motor Indonesia (NMI). Entah mengapa mereka baru memutuskannya sekarang, lebih dari setahun sejak generasi keduanya dirilis. Ekspor New Nissan Livina dipertimbangkan karena hanya model ini saja yang tak dikirim ke negara lain. Seharusnya begitu, sehingga model generasi keduanya bisa tersebar rata.

Baca juga: Nissan Hentikan Produksi X-Trail, Ada Dampaknya ?

Ekspor New Nissan Livina Dipertimbangkan

New Livina sejauh ini hanya dijual di Indonesia, tak seperti kembarannya, Xpander, yang sudah melalang buana ke penjuru negeri. Mobil LMPV ini memang bukan dirakit oleh NMI sendiri, melainkan oleh Mitsubishi, karena sebagai bentuk kerja sama antar aliansi. Selain itu, pabrik Nissan sudah lama ditutup sejak tahun lalu.

Dengan Livina yang menjadi mobil satu-satunya yang diproduksi lokal, maka NMI terpikir untuk mengekspornya. Tapi rasanya cukup sulit untuk melakukannya, karena takut konsumen di negara tujuan tak bisa menerimanya. Oleh karena itu, mereka ingin memastikan apakah pasar negara tujuan sudah siap menerima All New Livina dengan baik.

Ekspor New Nissan Livina dipertimbangkan

Ingin Menyusul

Entah karena ingin menyusul Xpander yang sudah diproduksi dan dijual dimana-mana membuat NMI ikut-ikutan. Memang mereka hanya mengandalkan Livina lokal untuk diekspor, tapi sejauh ini Indonesia menjadi satu-satunya tempat berjualannya. Ini artinya, mobil tersebut masih menjadi mobil ‘eksklusif’ disini, tak seperti Xpander.

Target utama tujuan Livina untuk tahap awal yaitu di negara tetangga dulu, atau mungkin difokuskan di negara Asia. Seharusnya begitu, sehingga perlahan tapi pasti Nissan bisa mengenalkannya di satu negara ke negara lain. Dengan Mitsubishi sebagai ‘partnernya’, maka Nissan tak perlu khawatir soal itu.

Selain ekspor Livina, NMI masih punya rencana lain untuk fokus ke mobil ramah lingkungan. Sepertinya rencana ini sudah mulai terlihat sejak sukses dengan peluncuran Kicks e-Power beberapa hari lalu. Katanya mereka akan menghadirkan mobil listrik terlarisnya, Leaf, atau bisa jadi model e-Power lainnya. Entah akan seperti apa nantinya, tapi ini kedengarannya menarik.

Be the first to comment

Leave a Reply