Nissan Hentikan Produksi X-Trail, Ada Dampaknya ?

New Outlander Bermesin X-Trail

RiderTua.com – Tiba-tiba saja Nissan ingin hentikan produksi X-Trail di Thailand. Tentu ini begitu mengejutkan karena mereka harus menghentikan produksi salah satu mobil andalannya. Nissan hentikan produksi X-Trail, termasuk dua produk lainnya seperti sedan Sylphy dan Teana. Ada penyebab kenapa ketiga mobil ini harus diakhiri produksinya di Negeri Gajah Putih.

Baca juga: Serat Karbon Mobil Konvensional Digarap Nissan ?

Nissan Hentikan Produksi X-Trail, Sylphy dan Teana

Kabar tersebut memang mengejutkan, karena baru beberapa bulan setelah meluncurkan Kicks e-Power, banyak yang tak menyangka kalau Nissan akan melakukan itu. Dari sejarahnya, X-Trail, Sylphy, dan Teana sudah lama dikenal sebagai produk unggulan Nissan Thailand selama beberapa tahun. Tentu sangat disayangkan jika ketiganya harus diakhiri produksinya sampai disini.

Dari ketiga mobil ini, hanya X-Trail yang juga dijual di banyak negara di ASEAN, termasuk Indonesia Jika sudah dihentikan produksinya, Nissan tak mengkhawatirkannya karena mengandalkan Jepang sebagai pemasoknya. Dalam skenario terburuknya, jika X-Trail sudah disuntik mati di Thailand, itu takkan berpengaruh besar di Tanah Air karena unitnya didatangkan dari Negeri Sakura, bukan Thailand.

Nissan hentikan produksi X-Trail

Belum Diputuskan

Sebenarnya Nissan Thailand sendiri belum memutuskan apakah X-Trail, Sylphy, dan Teana disuntik mati dalam waktu dekat. Namun dengan kondisi yang terjadi baik pada perusahaan itu sendiri, pasarnya, maupun penjualannya, sepertinya itu akan mempengaruhinya. Produsen harus menghentikan produksi salah satu produknya demi menghemat biaya.

Kondisi semacam ini sudah menjadi pemandangan biasa bagi Kemenperin (Kementerian Perindustrian) Thailand. Tentu saja karena kondisi di pasar roda empat sekarang membuat produksi kendaraan menurun drastis, dan ini juga mempengaruhi angka penjualannya. Agar mampu bertahan, produsen harus menghemat dana produksi dengan cara ‘menyuntik mati’ produk yang tak begitu laris.

Walau tak mengkonfirmasinya, mungkin cara ini dilakukan juga untuk fokus ke pengembangan dan produksi mobil ramah lingkungan. Kicks e-Power baru menjadi satu dari sekian produk yang akan meramaikan segmennya. Siapa tahu Nissan akan membawa sesuatu yang baru untuk menggantikan posisi X-Trail, Sylphy, dan Teana.

Be the first to comment

Leave a Reply