Kenapa Kia Tidak Jualan Mobil Listrik di Indonesia ?

Kia-Niro-EV
(Foto: Carvaganza.com) Kia-Niro-EV

RiderTua.com – Disaat Hyundai sudah mulai duluan, Kia ternyata tidak jualan mobil listrik di Indonesia. Meski jumlahnya masih cukup sedikit, tapi perlahan-lahan produsen otomotif mulai berani membawa produk ramah lingkungan ke Tanah Air. Kia tidak jualan mobil listrik karena ada beberapa halangan seperti kondisi pasar di Indonesia. Selain itu masih ada halangan lainnya yang disebut cukup menganggu.

Baca juga: Kia Seltos Jadi Andalan Penjualan di Indonesia

Kia Tidak Jualan Mobil Listrik Karena Halangan

Kalau Hyundai punya sejumlah model dari Ioniq sampai Kona EV, Kia juga punya beberapa produk ramah lingkungan, termasuk jenis listrik. Sebut saja Soul EV dan Niro EV, meski mereka baru punya dua model. Tapi Kia bisa saja mengembangkan mobil listrik lainnya di masa depan, sehingga bisa menambah banyaknya jajaran produk yang dimilikinya.

Meski lebih dulu berjualan di Indonesia, tapi Hyundai malah mendahului Kia kalau soal mobil listrik. Mereka berani mendatangkan Ioniq sebagai andalannya, walau masih terbatas sebagai mobil taksi. Kemudian Hyundai berencana untuk datangkan Kona EV dalam waktu dekat, jadi Kia kapan bisa menyusul?

Kia tidak jualan mobil listrik di Indonesia

Tunggu Kondisi

Sebenarnya Kia sudah lama mempelajari potensi pasar kendaraan listrik di Indonesia, dengan begitu mereka bisa mencari model mana yang cocok untuk dijual. Tapi karena kondisi yang terjadi di pasar otomotif seakan memaksa mereka untuk menundanya untuk sementara waktu. Seharusnya Kia masih bisa meluncurkan produk baru, hanya mereka ingin waktu yang tepat untuk merilisnya.

Karena berasal dari negara yang sama, maka rencana Kia ini senada dengan rencananya Hyundai dalam mendatangkan mobil listrik. Kia masih menunggu momen yang tepat untuk meluncurkan produk andalannya di Tanah Air. Dengan harapan mereka bisa menyusul Hyundai yang sudah sukses duluan dengan Ioniq.

Memang Kia tidak ingin jualan mobil listrik setidaknya untuk sekarang, tapi mungkin lain waktu ketika dirasa sudah waktunya. Sepertinya lebih baik begitu daripada nanti tak laris di pasar. Sementara Hyundai sendiri masih sibuk mengurusi persiapan peluncuran Kona EV yang mungkin diluncurkan beberapa minggu lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply