Kenapa Kia Seltos Diesel Belum Dijual di Indonesia ?

Kia Seltos jadi andalan di Indonesia

RiderTua.com – Entah kenapa Kia Seltos Diesel belum juga dijual di Indonesia setelah sempat bocor di situs NJKB. Padahal ini sudah tujuh bulan sejak mobil SUV tersebut diluncurkan pertama kali di Tanah Air tanpa varian ini. Ternyata ada penyebab kenapa Kia Seltos Diesel belum dijual sampai sekarang. Seakan ada yang mengganjal niat Kia untuk melakukannya.

Baca juga: Kia Seltos Mesin Diesel Mau Dihadirkan di Indonesia ?

Penyebab Kia Seltos Diesel Belum Dijual

Sebelumnya Seltos bermesin diesel sempat terlihat di situs NJKB Provinsi DKI Jakarta beberapa hari lalu. Entah kenapa varian mesin 1.5 liter tersebut tak ikut dirilis bersamaan dengan Seltos mesin bensin pada awal Januari lalu. Mungkin karena Kia ingin melihat situasi pasar SUV yang disebut masih cukup berpotensi besar.

Setelah info tersebut bocor, akhirnya Kia mengakui kalau mereka tengah menyiapkan Seltos Diesel untuk dijual di Indonesia. Ini bertujuan untuk menambah pilihan varian bagi konsumen, jadi tak hanya sekedar menyediakan satu variasi saja. Jadi kenapa sampai sekarang rencana tersebut tak terealisasi?

Kia Seltos Diesel belum dijual karena masalah bahan bakar

Ada Kendala

Kia Indonesia mulai sadar kalau Seltos Diesel hanya mau diberi Pertamina DEX, jadi tak bisa menggunakan solar biasa. Tentu tak sembarang mobil bisa menegak segala jenis bahan bakar, biasanya ini berlaku untuk mobil mewah atau yang berkualitas tinggi. Jika tidak, maka ditakutkan performanya tak semaksimal yang diharapkan, atau bahkan menimbulkan kerusakan mesin.

Selain itu, emisi yang dikeluarkan akan jauh lebih banyak jika tak memakai bahan bakar sesuai rekomendasi produsen. Terlebih dengan aturan regulasi Euro 4 khusus diesel, walau penerapannya ditunda. Meski begitu, tentu ini yang dikhawatirkan Kia dan memilih untuk menundanya sampai waktu yang belum ditentukan.

Sepertinya ini sudah menjadi keputusan yang tepat bagi Kia, daripada nantinya mereka membuat konsumennya kecewa. Terlebih mereka punya sejumlah produk yang kualitasnya bagus-bagus, bahkan bisa setara dengan merek senegaranya, Hyundai. Entah apa yang akan terjadi selanjutnya pada Seltos Diesel, apakah tetap dirilis di Indonesia dengan mesin baru atau tidak.

Be the first to comment

Leave a Reply