Honda Belum Kepingin Motor 250 cc 4 Silinder ?

RiderTua.com – Meski ada Kawasaki ZX-25R, Honda belum kepingin motor 250 cc 4 silinder untuk saat ini. Kalau dilihat, mereka hanya punya model dengan mesin serupa, tapi 2 silinder saja, seperti yang ada pada CBR series. Alasan Honda belum kepingin motor sejenis ZX-25R bukan karena mereka belum siap mengembangkannya. Tapi ada alasan spesifik soal pasar tujuannya.

Baca juga: [Baru] Honda CBR1000RR-R Fireblade Dibanderol Cuma 1 Miliar

Alasan Honda Belum Kepingin Motor Sejenis ZX-25R

Sepeda motor bermesin 250 cc dengan 4 silinder memang masih belum banyak dikembangkan oleh produsen. Mungkin inilah yang membuat Kawasaki meluncurkan ZX-25R, untuk mengisi celah kosong diantara segmen tersebut. Tak heran kalau motor ini menjadi incaran konsumen setelah dirilis, bahkan batch pertamanya sudah habis dipesan dalam waktu singkat.

Beberapa hari lalu, Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CBR250RR SP Quick Shifter, tapi motor ini masih menggunakan 2 silinder. Sebenarnya mereka mengaku kalau ZX-25R cukup bagus untuk dihadirkan sebagai ‘pemeriah’ pasarnya. Tapi soal membuat penantang yang setara dengannya, atau setidaknya mendekati spesifikasinya, AHM masih ragu-ragu untuk melakukannya.

Honda belum kepingin motor 250 cc 4 silinder

Tergantung Permintaan

AHM menjelaskan kalau permintaan pasar 250 cc di Indonesia belum banyak yang mengarah ke mesin 4 silinder, dan didominasi oleh 2 silinder. Memang kalau dilihat, mesin 2 silinder masih gampang dicari di pasar dan jumlahnya cukup banyak. Butuh waktu cukup lama bagi ZX-25R untuk bisa menguasai segmennya, atau model ini malah ‘ditenggelamkan’ oleh produk 250 cc lainnya.

Inilah kenapa Honda lebih memilih menyegarkan produk motor 250 cc yang sudah ada ketimbang membuat model sejenis dengan ZX-25R. CBR250RR menjadi salah satu andalan AHM sampai sekarang, dan baru mendapat fitur Quick Shifter. Fitur ini belum banyak ditemukan pada motor sejenisnya, dan sepertinya CBR250RR akan mengungguli rivalnya.

Tapi bukan berarti Honda nggak mau membuat motor 250 cc 4 silinder, malah mereka seakan sudah pasang kuda-kuda. Jika kebutuhan konsumen mulai mengarah ke situ, maka Honda siap membuatnya. Kalau sudah begitu, maka ZX-25R bisa mendapat banyak penantang dengan spek serupa.

Be the first to comment

Leave a Reply