[Baru] Honda CBR1000RR-R Fireblade Dibanderol Cuma 1 Miliar

RiderTua.com – Motor terbaru Honda CBR1000RR-R Fireblade resmi dihadirkan di Indonesia oleh Astra Honda Motor (AHM). Motor supersport berperforma tinggi ini memberikan pengendalian sensasi berkendara layaknya motor MotoGP. Honda Fireblade yang resmi dipasarkan di tanah air ini memiliki penampilan yang agresif serta performa buas.

Baca juga: Honda CBR600RR Anyar akan Diluncurkan Bulan Ini !

Honda CBR1000RR-R Fireblade Memiliki Performa Buas

Honda CBR1000RR-R Fireblade terinspirasi dari dua motor andalan Honda di MotoGP, yaitu RC213V dan RC213V-S. Sehingga tak heran kalau model ini mengusung desain aerodinamis dan agresif dari motor supersport tersebut. Desain agresif yang minim area frontal dirancang agar memberikan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Winglet pada Fireblade menjadi fitur ‘turunan’ dari Honda RC213V, termasuk air-ram duct (lubang udara) di bagian depan, serta sasis utama berbahan aluminium. Setangnya dibuat lebih maju, sementara pijakan kaki (footstep) diposisikan semakin naik dan mundur. Panelmeter full digital dari layar TFT bisa menampilkan lima mode display.

Honda CBR1000R-R Fireblade diluncurkan

Performa Mesin

Tak hanya desain yang mendapat perhatian, performa CBR100RR-R Fireblade tentu tak bisa teralihkan. Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dari generasi sebelumnya. Konfigurasinya sama persis dengan RC213V, dengan tenaga maksimalnya naik menjadi 160 kW dan torsi maksimal mencapai 113 Nm.

Fireblade tetap dibekali sistem bukaan gas (throttle) yang lebih dikenal sebagai Throttle by Wire. Kemudian ada juga sensor Advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft). Lalu tambahan lainnya yaitu Riding Mode dengan tiga mode, Wheelie Control, Rear Lift Control, Start Mode, Assist & Slipper Clutch, serta Quick Shifter (khusus tipe SP).

CBR1000RR-R Fireblade tersedia dalam dua varian, yaitu tipe STD dengan warna hitam (Matte Pearl Morion Black), dan tipe SP dengan warna khas Honda Tricolor. Keduanya dipasarkan dengan harga masing-masing Rp 990 juta dan Rp 1,1 miliar (on the road wilayah Jakarta).

Be the first to comment

Leave a Reply