Wuling Almaz dan MG HS, Siapa yang Lebih Unggul ?

RiderTua.com – Antara Wuling Almaz maupun MG HS masing-masing punya keunggulan tersendiri. Entah itu dari segi penampilan, eksterior, interior, maupun spesifikasi mesinnya. Tapi tentu bukan persaingan namanya kalau Wuling Almaz dan MG HS tak saling head-to-head. Walau ironisnya keduanya berasal dari dua merek yang dipegang oleh SAIC.

Baca juga: MG Indonesia Rakit Mobil, Tapi Dimana ?

Persaingan Wuling Almaz dan MG HS

Penampilan Almaz maupun HS tentu cukup menarik, gagah dan bergaya modern. Hanya saja, headlamp Almaz terlihat lebih tipis daripada HS, yang terlihat seperti model lampu utama biasa. Dengan desain yang begitu simpel nan elegan, tampang HS seolah mengingatkan pada sejumlah produk Mazda CX series, seperti CX-30 atau CX-5.

Dari ukuran dimensinya, Almaz jauh lebih besar dari HS, meskipun soal lebarnya malah sebaliknya. Mungkin Wuling sengaja membuat ground clearance Almaz lebih tinggi agar lebih diandalkan saat melewati jalanan yang tak rata. Tapi tetap saja, SUV dengan ground clearance tinggi sudah menjadi hal biasa.

Wuling Almaz dan MG HS beda fitur

Fitur dan Mesin

Bagian dalam kabin kedua mobil ini juga cukup bagus untuk model SUV, terlebih dengan touchscreen pada tengah dasbor. Almaz dan HS sama-sama dibekali fitur airbag, stability control, HSA (hill start assist), dan ABS-EBD. Namun HS punya tambahan fitur seperti rear cross traffic alert, lane change assist, blind spot detection, lane keep assist, lane departure warning, dan airbag-nya berjumlah enam buah.

Meski begitu, HS belum punya fitur voice command i-Smart, sementara Almaz punya WIND yang mendukung bahasa Indonesia. Keduanya mengandalkan mesin 1.500 cc DOHC, tapi soal keluaran tenaganya masih unggul HS. Sedangkan keluaran torsi dari kedua mesin tersebut masih sama, yaitu 250 Nm.

Almaz menyediakan konfigurasi 5-seater dan 7-seater, sedangkan HS hanya punya 5-seater saja. Soal harga, Almaz dibanderol mulai Rp 266 juta sampai Rp 341 juta, sedangkan HS dari Rp 370 juta hingga Rp 430 jutaan. Tapi soal model mana yang lebih unggul itu tergantung dari konsumennya sendiri. Jadi mending Almaz atau HS?

Be the first to comment

Leave a Reply