MG Indonesia Rakit Mobil, Tapi Dimana ?

RiderTua.com – MG Indonesia rakit mobil secara lokal. Sebenarnya merek asal Inggris ini sudah mempertimbangkannya, sebelum perhatiannya teralihkan oleh peluncuran ZS-HS. MG Indonesia mengaku tertarik untuk rakit mobil, tapi mereka harus menunggu saat yang tepat. Dalam arti lain, ketika permintaannya semakin meningkat.

Baca juga: Fitur Canggih MG i-Smart Kok Nggak Ada di Indonesia ?

MG Indonesia Rakit Mobil, Mungkinkah?

Dua mobil yang baru didatangkan ke Indonesia, yaitu ZS dan HS, semuanya diimpor langsung dari Thailand. Tentunya dalam bentuk CBU (completely built-up), karena MG belum punya pabrik perakitannya sendiri di Tanah Air. Terlebih Thailand menjadi pusat produksi dan penjualan MG disana, terutama di kawasan Asia Tenggara.

MG mengatakan kalau untuk memutuskan apakah mobilnya diproduksi lokal atau tidak itu tergantung dari permintaan di pasar domestik. Kalau melihat ada kenaikan permintaan yang signifikan, maka MG bisa mempertimbangkannya. Karena masih tergolong baru, mereka harus ‘berjalan pelan’ dulu sebelum bisa menguatkan posisinya di pasar roda empat Indonesia.

MG Indonesia ingin rakit mobil secara lokal?

Gandeng Wuling

Soal dimana mereka akan merakitnya, MG ternyata sudah punya solusi, yaitu memanfaatkan ruang produksi yang kosong pada pabrik Wuling. Terdengar nggak asing? Tentu saja karena MG dan Wuling sama-sama dipegang oleh SAIC yang juga masuk dalam ‘aliansi’ SGMW (SAIC-GM-Wuling). Jadi tak salah kalau MG bisa mengandalkan pabrik tersebut untuk produksi mobilnya suatu saat nanti.

Walau begitu, MG mengatakan kalau baik mereknya maupun Wuling berbeda satu sama lain, meski dinaungi SAIC. Mereka bisa saja memutuskan rencana lainnya, atau mungkin tanpa membutuhkan Wuling sekalipun. Tapi jika sudah tak ada cara lain, maka itu bisa menjadi pilihan terakhir atau alternatif.

Soal Wuling sendiri, sebelum kehadiran Confero di Indonesia, mereka sudah mendirikan pabrik terlebih dahulu untuk produksi mobil jangka panjang. Tapi entah apakah Wuling sengaja menyiapkan ruang kosong tersebut untuk MG jauh hari sebelum kedatangannya, atau untuk produk baru lainnya. Sama seperti MG, Wuling punya banyak sekali produk di negara asalnya, meski tak semua model bisa dibawa kesini.

Be the first to comment

Leave a Reply