Toyota Prius dan Corolla Hybrid Kena Recall, Indonesia ?

RiderTua.com – Dua sedan Toyota, yaitu Prius dan Corolla Hybrid, kena recall di Australia karena masalah sistemnya. Sistem hibrida tersebut dapat berhenti bekerja jika mendeteksi komponen yang rusak. Masalah pada Prius dan Corolla Hybrid sampai keduanya kena recall ini kemungkinan bisa menyebar sampai ke Indonesia. Meskipun populasinya belum sebanyak mobil biasa.

Baca juga: Recall Karena Fuel Pump Diumumkan Oleh Toyota Indonesia !

Masalah Prius dan Corolla Hybrid Sampai Kena Recall

Mengenai masalah pada sistem hibrida Prius dan Corolla, Toyota menjelaskan kalau kesalahan ini terjadi dalam kondisi tertentu. Meski kedengarannya cukup sepele, tapi masalah tersebut bisa membuat mobil kehilangan daya sepenuhnya. Ada suatu kondisi dimana mobil berada dalam transmisi netral, tapi kerja pengereman dan pengendaliannya masih bekerja.

Tentu kondisi ini cukup aneh bahkan bisa membahayakan jika mobil tengah dikendarai, sehingga Toyota harus menarik dua model hybrid-nya. Dari Corolla Hybrid ada 5.118 unit yang terdampak dengan tahun produksi 2015-2018, serta Prius tahun produksi 2014-2015 sebanyak 847 unit. Total ada 5.965 unit yang ditarik di Negeri Kangguru.

Toyota Prius dan Corolla Hybrid kena recall di Australia
2017 Toyota Prius Prime (plug-in hybrid)

Masih Dicek

Recall tersebut bisa saja menyebar ke negara lain, mengingat Prius dan Corolla Hybrid juga dijual di luar Australia. Indonesia sepertinya tak luput dari recall ini karena Prius sudah cukup lama dijual disini, mungkin pengecualian diberikan pada Corolla Hybrid. Varian hibridanya baru dirilis pada model generasi terbarunya sekitar setahun yang lalu.

Toyota Astra Motor (TAM) sudah mengetahui recall Prius dan Corolla Hybrid yang dilakukan di Australia, Mereka mulai mengecek apakah Prius atau Corolla di Tanah Air ada yang bermasalah atau tidak. Jika ditemukan masalah serupa dengan yang terjadi di Australia, maka TAM tinggal mempertimbangkan recall berskala kecil.

Saat ini TAM masih sibuk mengurusi sejumlah recall mobil akibat masalah fuel pump yang melibatkan model seperti Fortuner hingga Kijang Innova. Bahkan mobil mewah sekelas Alphard-Vellfire juga tak luput dari penarikan tersebut. Kalau ditambah dengan Prius, sepertinya tugas TAM dalam menyelesaikan recall akan bertambah banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply