Sasis Karbon Terbaru BMW Motorrad Tengah Digarap

RiderTua.com – Kabar menarik mengenai sasis karbon BMW Motorrad terbaru menjadi perbincangan menarik akhir-akhir ini. Karena merek sepeda motor mewah tersebut mengembangkan sesuatu yang baru. Sasis karbon anyar yang dikembangkan BMW Motorrad ini disebut cukup unik dan lain dari yang lainnya. Seperti apa?

Baca juga: BMW Motorrad Masih Punya Motor Baru Lagi Untuk Indonesia !

Sasis Karbon Anyar Dikembangkan BMW Motorrad

Soal sasis serat karbon, BMW Motorrad seperti sudah ahlinya disini, bahkan menjadi yang pertama mengembangkannya. Sasis sejenis ini tentu tak bisa dipakai oleh motor sembarangan, karena punya daya tahan cukup tinggi tapi dengan bobot ringan. Tak heran kalau sasis karbon tersebut dipakaikan pada motor kelas sirkuit balap seperti BMW HP4 Race.

BMW Motorrad sepertinya belum puas dengan varian sasis karbon yang dimilikinya, dan mulai mengembangkan varian baru. Kali ini berupa model sasis yang digabungkan dengan lengan ayun alias swing-arm, seperti pada . Artinya, kedua komponen ini akan disatukan menjadi satu komponen besar dan tak dipisahkan lagi oleh engsel atau pivot

Paten sasis karbon BMW Motorrad terbaru

Teknologi Canggih

Mungkin ini terdengar cukup unik sekaligus aneh, karena model seperti ini tak dijumpai pada motor jenis manapun. Walau dibuat menyatu, BMW Motorrad membuat swingarm-nya bisa menekuk dan menyerap benturan. Sementara untuk bahan serat karbonnya akan dibuat agak kaku dan fleksibel di bagian-bagian tertentu, sehingga keduanya masih bisa digerakkan seperti swingarm biasa.

Walau dengan sasis-swingarm unik ini, mereka masih tetap menggunakan shockbreaker konvensional seperti motor lainnya. Tapi tetap saja, shockbreaker ini juga akan disetel agar tetap memberikan efek pegas seperti biasanya. Mungkin ini terdengar cukup membingungkan, tapi bisa menjadi konsep yang sangat menarik dan pantas diterapkan pada motor berkualitas tinggi.

Tapi desain paten yang beredar tentu tak menjamin BMW Motorrad bisa memasarkannya secara massal, atau diterapkan pada seluruh lini produknya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tak banyak model yang bisa mendapatkan komponen ini. Prediksinya yaitu, sasis-swingarm ini akan dipakaikan pada HP4 Race generasi terbaru.

Be the first to comment

Leave a Reply