Fiat-Chrysler Siap Recall Sejuta Unit Mobil Karena Masalah Ini

RiderTua.com – Secara mengejutkan, Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) diketahui bersiap me-recall sejuta unit mobil. Itu dilakukan setelah perusahaan ini mendapat keluhan dari konsumen seputar mesin. Masalah pada mesin Tigershark 2,4 liter inilah yang membuat FCA harus menarik sejuta mobilnya. Itupun termasuk sejumlah model Jeep.

Baca juga: Merger FCA-PSA Mampu Kalahkan Perusahaan Otomotif Lainnya

Masalah Mesin Tigershark Membuat FCA Menarik Mobilnya

Awal dari masalah mesin Tigershark tersebut dimulai setelah ada yang melayangkan gugatan terhadap FCA. Gugatan tersebut berisi mengenai mesin yang dapat membakar oli jauh lebih cepat dari biasanya. Tapi dampak buruknya, mesin bisa mati mendadak sehingga mobil tak bisa dikendarai.

Sebenarnya FCA me-recall mobilnya tak ada hubungannya dengan masalah tersebut. Mereka hanya ingin meningkatkan kualitas emisi yang dihasilkan dari mesin Tigershark tersebut. FCA menyadari kalau mesin ini menghasilkan emisi cukup tinggi sehingga harus diatasi agar bisa memenuhi standar yang berlaku.

Foto: autocar.jp

Mesin Berstandar Baru

Masalah tersebut melibatkan sejumlah unit mobil dari merek yang berbeda-beda. Mulai dari Dodge Dart, Jeep Cherokee, Jeep Renegade, Jeep Compass, Chrysler 200, dan Fiat 500X. Tiga diantaranya berupa model dari Jeep yang tahun produksinya belum diketahui, walau dari masalah awalnya disebutkan tahun 2015-2020.

Mesin Tigershark 2,4 liter tersebut memang seharusnya mendapat upgrade emisi. Dengan begitu, maka mobil-mobil yang menggunakannya masih tetap diterima di sejumlah pasar dengan standar emisi cukup ketat. Kebanyakan mesin berkapasitas besar mampu menghasilkan emisi cukup banyak.

Sepertinya masalah mesin mogok ini hanya dilakukan di Amerika Serikat saja, tapi ada potensi kalau model di seluruh dunia bisa ikut di-recall. Kalau sudah begitu, maka jumlah unit yang terdampak bisa naik lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply