Honda Indonesia Umumkan Recall Jazz dkk Karena Fuel Pump !

Honda Jazz Facelift Indonesia mungkin tak mendapat sunroof

RiderTua.com – Kabar mengejutkan datang dari Honda Prospect Motor (HPM) yang mengumumkan recall mobil. Model yang terdampak yaitu hatchback andalannya, Jazz, serta sejumlah model lainnya. Masalah pada sejumlah mobil Honda di Indonesia terjadi karena fuel pump alias pompa bahan bakarnya yang gampang rusak. Masalah ini bisa berakibat serius sehingga harus secepatnya ditangani.

Baca juga: Recall Honda Jazz dan CR-V Dilakukan di Malaysia, Indonesia ?

Masalah Mobil Honda di Indonesia Karena Fuel Pump

Sebenarnya ini bukan kali pertama Honda melakukan recall terhadap Jazz dan sejumlah modelnya. Sebelumnya pabrikan otomotif ini melakukan penarikan di tiga negara di Asia Tenggara. Yang tak lain adalah Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Jadi kalau Indonesia dimasukkan ke dalamnya, bisa-bisa ada sekitar ratusan ribu unit mobil yang terdampak. Modelnya tak hanya Jazz, tetapi juga Brio, Mobilio, BR-V, HR-V, CR-V, City, Accord, dan Civic. Tapi itu berlaku untuk model produksi tahun 2017-2019 saja, jadi model terbaru takkan ikut terdampak.

2017-honda-civic-sedan
(Foto: autoevolution) 2017-honda-civic-sedan

Ribuan Unit Terdampak

HPM mencatat ada sekitar 85.025 unit yang berpotensi bermasalah dan harus segera diperbaiki. Seperti yang terjadi di ketiga negara sebelumnya, masalah pompa bensin ini disebabkan oleh bahan yang gampang rusak. Jika tak ditangani, maka mesin gampang mogok atau berhenti tiba-tiba saat tengah melaju.

Program recall dimulai hari ini juga, dan HPM akan menghubungi pemilik mobil yang terdampak. Atau bagi mereka yang penasaran apakah mobilnya kena recall atau tidak bisa mengeceknya di website resmi Honda Indonesia. Kalau termasuk didalamnya, maka pemilik bisa melakukan booking di dealer terdekat.

Proses penggantian komponen fuel pump ini hanya memakan waktu sejam saja, lagipula pemilik tak perlu membayar alias gratis. Sepertinya akan ada banyak negara tetangga yang akan melakukan recall serupa.

Be the first to comment

Leave a Reply