Mobil Hyundai Ini Pakai Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling !

RiderTua.com – Mobil transmisi manual biasanya dikenal punya tiga pedal, terdiri dari pedal gas, rem, dan kopling. Ketiganya seakan tak bisa dipisahkan satu sama lain. Tapi sepertinya pengecualian diberikan untuk Hyundai Venue di India, dimana disediakan transmisi manual tanpa pedal kopling! Kok bisa begitu?

Baca juga: SUV Santa Fe akan Disegarkan Hyundai, Model All New ?

Hyundai Venue di India Tanpa Pedal Kopling

Sebenarnya Venue baru hadir di India selama hampir setahun, jadi model terbarunya berupa facelift. Terakhir mobil SUV ini mendapatkan pembaruan pada bulan Maret lalu. Mesin diesel 1.4 liter diganti dengan mesin diesel 1.5 liter yang sudah berstandar BS6.

Untuk penyegaran kali ini, Venue menawarkan mesin bensin 1.0 liter dengan turbocharged, dipadu dengan transmisi manual 6 percepatan. Disinilah letak keunikannya, dimana hanya ada dua pedal saja, bukan tiga. Hanya pedal kopling yang dihilangkan, sementara rem dan gasnya masih tetap ada.

Manual Dua Pedal

Ternyata ada maksud tersendiri kenapa Hyundai sengaja menghilangkan pedal kopling pada Venue ini. Merek mobil asal Korea Selatan tersebut sudah menyematkan gearbox iMT yang memiliki tuas persneling dengan behavior sensor, hydraulic assistance, dan gearbox control.

Salah satu komponen tersebut dapat mengoperasikan kopling tanpa bantuan pengemudi. Proses elektro-mekanis ini mungkin akan menjadi inovasi yang cukup bagus, meski pengemudi harus bisa beradaptasi dengan teknik baru tersebut. Karena cara kerjanya yang begitu mulus dan tanpa penundaan.

Bahkan Hyundai mengklaim kalau iMT cocok digunakan saat dalam kondisi macet, dan inilah kenapa mereka menghadirkannya di India. Dengan hadirnya pilihan mesin baru ini, maka varian Venue akan semakin bertambah banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply