Serunya MotoGP di ‘Negara Pelangi’ Afrika Selatan Dirindukan Brad Binder!

Karena kuatnya dukungan penggemar dari negaranya dia beberapa kali mengatakan sangat menginginkan MotoGP di gelar di Afrika Selatan. Sirkuitnya sudah siap...

Brad Binder - MotoGP Afrika Selatan

RiderTua.com – Pembalap KTM MotoGP asal Afrika Selatan, Brad Binder, menjadi satu-satunya kebanggaan dalam ajang balap di negara asalnya, . Tapi MotoGP belum bergulir lagi di negara yang berjulukan Rainbow Nation (Negara Pelangi) ini… Sirkuit Kyalami sepertinya belum siap untuk mengambil keputusan menggelar balapan roda dua tingkat dunia ini. Serunya MotoGP di ‘Negara Pelangi’ Afrika Selatan dirindukan Brad Binder…

Serunya MotoGP di ‘Negara Pelangi’ Afrika Selatan Di Rindukan Brad Binder

Brad Binder
Brad Binder, Moto2, Catalunya MotoGP 2019

Pembalap KTM Red Bull, Brad Binder adalah orang Afrika Selatan pertama di kategori Moto3 yang memenangkan gelar dunia untuk Afrika Selatan sejak Jon Ekerold meraihnya pada tahun 1980 di kelas 350 cc. Pada musim balap 2019 dia menjadi runner-up Moto2. Dan sekarang menjadi orang Afrika Selatan pertama di tim pabrik KTM yang dipromosikan di kelas MotoGP Modern. Tingkat kepedulian terhadap Binder meningkat pesat di tanah airnya sejak saat itu.

Karena kuatnya dukungan penggemar dari negaranya dia beberapa kali mengatakan sangat menginginkan MotoGP di gelar di Afrika Selatan. Sirkuit disana juga pernah menggelar balapan motor beberapa kali pada 1980-an di Kyalami dekat Johannesburg. Kemudian dari tahun 1999 hingga 2004 di Sirkuit Phakisa Freeway di Welkom, di trek oval indy.

Pembalap yang Pernah Mencicipi Trek Afrika Selatan

Hanya ada beberapa pembalap yang pernah balapan di Welkom yang masih aktif saat ini. Misalnya Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Thomas Luthi, ditambah dengan tes rider KTM saat ini Dani Pedrosa dan Mika Kallio serta Mattia Pasini.

Kyalami Sirkuit Afrika Selatan
Sirkuit Kyalami -Afrika Selatan

“Saya akan senang melihat balapan kembali dari Afrika Selatan. Kami memiliki trek Kyalami yang siap untuk MotoGP. Sudah sepenuhnya dimodernisasi untuk balapan mobil beberapa tahun. Ini adalah trek yang fantastis, mungkin yang terbaik yang pernah saya lihat. Kyalami pasti akan menjadi pilihan. Pertanyaan besarnya adalah apakah ada cukup uang di Afrika Selatan untuk membayar biaya ke Dorna,” kata Binder.

Sejauh ini, Dorna hanya merencanakan proyek MotoGP tambahan di Finlandia (KymiRing), Indonesia (Lombok) dan Hongaria untuk tiga atau empat tahun ke depan. Penyelesaian lintasan baru di Rio de Janeiro, Brasil sudah pindah ke perusahaan besar.

Be the first to comment

Leave a Reply