Ketika Honda Jazz Mengungguli Toyota Yaris di Jepang…

RiderTua.com – Tak peduli di Indonesia, Jepang, atau negara manapun, Honda Jazz dan Toyota Yaris selalu bersaing ketat. Kedua mobil ini seakan berusaha untuk menjadi yang terbaik di kelas hatchback. Tapi siapa sangka kalau hasil penjualan Jazz mampu mengungguli Yaris di Jepang. Bahkan mobil ini menjadi pemimpin penjualan pada kuartal pertama tahun 2020.

Baca juga: Wih, Honda Mau Pasangkan Mesin Hybrid Ala F1 Pada Jazz !

Penjualan Jazz Mengungguli Yaris

Hasil yang didapat oleh Jazz selama kuartal pertama tahun ini di Jepang mencapai 50.029 unit terjual. Sementara rival beratnya, Yaris, hanya 48.129 unit saja, itupun selisihnya sangat tipis dengan Jazz. Artinya bisa dikatakan kalau persaingan keduanya di kampung halaman mereka sama ketatnya dengan di Indonesia.

Keduanya juga mengungguli penjualan hatchback lainnya, yaitu Nissan Note yang terjual hingga 41.707 unit. Selisihnya memang terlampau jauh baik dari Jazz maupun Yaris. Sehingga ini membuktikan kalau reputasi mereka di Negeri Sakura cukup kuat.

Hanya Terlaris Ketiga

Walau dengan hasil yang begitu mengesankan tersebut, nyatanya Jazz hanya terlaris ketiga di Jepang. Nomor satu dan dua diduduki oleh ‘saudaranya’ Yaris, yaitu Raize dan Corolla. Soal Raize jangan ditanya lagi, karena hasilnya bisa saja melampaui Jazz, begitupun dengan Corolla. Padahal kembaran Rocky ini baru menjalani debutnya pada akhir tahun lalu.

Lain Jazz-Yaris, lain pula dengan Freed-Sienta, dimana Sienta yang mengungguli Freed. Mobil MPV sliding-door andalan Toyota ini terjual hingga 40.194 unit, sementara Freed hanya 38.844 unit. Serupa dengan Jazz-Yaris, selisih penjualannya hanya sekitar 2 ribu unit.

Persaingan Jazz vs Yaris juga cukup ketat di Indonesia, meski tak seketat di Jepang. Apalagi keduanya masih bertahan di model lamanya, dan baik Honda maupun Toyota seakan kompak tak mau membawa model all new ke Tanah Air.

Be the first to comment

Leave a Reply