All New Honda CBR400R Resmi Dikenalkan, ‘Turunannya’ Fireblade ?

RiderTua.com – Belum selesai dengan sejumlah motor yang dirilisnya, Honda mengenalkan CBR400R model terbaru di kampung halamannya. Motor sport dari CBR series ini disebut sebagai ‘turunannya’ CBR1000RR SP Fireblade. Itu karena All New Honda CBR400R memiliki tampang yang mirip Fireblade. Meski berubah total, tapi masih ada spesifikasi yang tetap dipertahankan dari model lamanya.

Baca juga: Honda Scoopy Siap Masuki Generasi Terbaru ?

All New Honda CBR400R Mirip Fireblade

Penampilan baru CBR400R terlihat mengesankan, dengan bentuk wajah yang serupa dengan Fireblade. Lalu terdapat logo baru Honda yang ditempatkan di tangki bensin. Sehingga CBR400R anyar ini bisa bersanding dengan model CBR lainnya.

Desainnya makin agresif dan tajam, dan peningkatan terhadap pengaturan dual-headlamp serta tangki bahan bakar memiliki guratan yang cakep. Knalpot ganda yang ada pada CBR400R terlihat sempurna dengan karakter motornya. Knalpot semacam ini paling sering ditemukan pada motor sport seperti CBR series.

Banyak Peningkatan

Peningkatan lainnya yaitu pada mesin 400 cc twin-silinder bertanag 45 hp dan torsi 38 Nm, dipadu dengan gearbox manual 6 percepatan. Tentu ini akan membuat performanya menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Tapi tetap nyaman dikendarai saat dipakai sehari-hari atau ngebut di lintasan balap.

CBR400R tersedia dalam tiga warna, yaitu Champion Red, Matte Grey, dan Pearl Glare White. Meski dikenalkan di Jepang, katanya sih motor ini akan menjadi penggantinya CBR500R di India. Sepertinya Honda melakukan ini karena Yamaha RZF-R3 dan KTM RC 390 menjadi rival yang cukup berat di kelasnya.

Apa Indonesia bisa menjadi tujuan CBR400R anyar ini? Mungkin tidak. Mengingat Astra Honda Motor (AHM) tak menjual motor berkapasitas 400 cc. Tapi All New CBR400R bisa menjadi kandidat motor baru yang menjanjikan.

Be the first to comment

Leave a Reply