Honda Scoopy Siap Masuki Generasi Terbaru ?

RiderTua.com – Mungkin belum banyak yang menyadari kalau Honda Scoopy sudah memasuki usia ke-3 pada tahun ini, tanpa adanya generasi terbaru. Padahal motor skutik ini cukup laris di beberapa negara, termasuk Indonesia. Ternyata diam-diam Honda menyiapkan generasi terbaru untuk Scoopy. Kabar ini muncul setelah salah satu media Thailand memberi sedikit bocoran soal skutik tersebut.

Baca juga: Adu Kuat Motor Trail Honda CRF150, Yamaha WR 155R, dan Kawasaki KLX 150

Honda Menyiapkan Generasi Terbaru Scoopy

Sayangnya tak ada spyshot yang menampakkan All New Scoopy hingga sekarang. Walau begitu, Great Biker memberikan bocoran soal skutik bergaya retro modern tersebut, dimana model ini akan memasuki generasi terbaru. Disebutkan ada beberapa ubahan yang diberikan, tapi sebagian besar difokuskan pada penampilannya.

Desain membulat yang menjadi ciri khas Scoopy akan dipertahankan, walau lampu depan-belakang dibuat berbeda. Rangka yang dipakai yaitu eSAF, platform ini pertama kali dipakaikan pada Genio di Indonesia. Dengan rangka tersebut, bobot Scoopy bisa berkurang hingga 8 persen dari bobotnya sekarang, dan dapat lebih hemat bahan bakar.

Mesin Tetap Sama?

Walau dengan semua pembaruan tersebut, mesinnya disebut tetap dipertahankan pada generasi terbaru Scoopy. Saat ini skutik tersebut dilengkapi dengan mesin 108 cc satu silinder dengan pendingin udara dan PGM-Fi. Dengan semua itu, Scoopy bisa melaju sejauh 61,9 km dengan satu liter bensin, mungkin akan meningkat jika ditambah dengan rangka eSAF.

Lalu kapan dirilisnya? Disebutkan kalau Honda meluncurkan All New Scoopy pada acara Motor Expo 2020 bulan November nanti. Sepertinya masih cukup lama, dan mungkin bisa saja jadwalnya diundur lebih jauh lagi sehubungan dengan kondisi sekarang. Artinya, negara lain seperti Indonesia akan kebagian belakangan.

Memang sudah waktunya bagi Scoopy untuk mendapatkan perombakan total, meskipun mesinnya tak ikut disegarkan. Sepertinya Honda akan sangat sibuk untuk menyiapkan motor baru pada tahun ini, karena mereka juga membuat All New PCX dengan fitur mirip rivalnya sendiri, Yamaha NMAX.

Be the first to comment

Leave a Reply