Benarkah Daihatsu Sigra Gerus Pasarnya Xenia ?

RiderTua.com – Hingga kini, Sigra dan Xenia menjadi salah satu produk andalan Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia. Namun ada yang aneh dari kedua mobil ini, dimana Sigra selalu mengungguli penjualan LMPV andalan ADM selama ini. Bahkan jika dibiarkan, Sigra bisa-bisa ‘menghabiskan’ porsi pasarnya Xenia. Tapi apa memang itu terjadi?

Baca juga: Daihatsu Tak Setenar Toyota, Kok Bisa Begitu ?

Sigra Menghabiskan Porsi Pasarnya Xenia

Kalau dilihat, baik Sigra maupun Xenia sama-sama mobil 7-seater tapi beda kelas. Tapi Sigra mampu terjual lebih banyak dari Xenia, dengan total yang mencapai lebih dari puluhan ribu unit pada tahun lalu. Sementara LMPV ini hanya terjual hingga ribuan unit saja.

Lebih rincinya, Sigra terjual sebanyak 13.467 unit dalam periode Januari-Maret 2020 lalu, dan Xenia hanya sekitar 5 ribu unit. Tentu banyak yang heran kenapa Xenia tak selaris dari model Daihatsu lainnya. Bahkan kalah telak dari ‘kembarannya’ sendiri, Toyota Avanza.

MPV Difavoritkan

Menurut ADM, saat ini konsumen Indonesia lebih memilih membeli mobil berjenis MPV ketimbang hatchback atau model lainnya. Tapi Sigra bisa dikatakan lebih unggul dari Xenia karena harganya cukup terjangkau. Maklum karena Sigra berjenis mobil LCGC, pastinya harganya lebih murah dari MPV.

Tapi sepertinya sejauh ini Sigra dan Xenia tak lagi ‘saling menyerang’ untuk sekarang. Pasar otomotif di Indonesia yang sedang melambat menyebabkan penjualan keduanya ikut melambat. Bahkan Xenia tak terjual sama sekali pada bulan Mei lalu, sedangkan Sigra masih mencatatkan sedikit.

Walau kelihatannya Sigra selalu unggul dari Xenia meski beda kelas, setidaknya mereka tetap ‘rukun’. Apalagi ADM yakin Sigra takkan menganggu pasarnya Xenia meski selalu menjadi nomor satu dalam penjualan mobil Daihatsu.

Be the first to comment

Leave a Reply