Toyota akan Berhenti Jualan Yaris ‘Kembaran’ Mazda2

RiderTua.com – Mungkin ada yang tak menyangka kalau Toyota Yaris punya ‘kembarannya’ sendiri, yaitu Mazda2… Tapi itu khusus di Amerika. Memang karena Mazda yang membuat keduanya bersama dengan Toyota. Namun muncul kabar kalau Yaris ‘Mazda2’ akan dihentikan penjualannya mulai tahun depan. Kenapa bisa begitu?

Baca juga: Seperti Inikah Penampilan Toyota Innova Facelift ?

Yaris ‘Mazda2’ Dihentikan Penjualannya Tahun Depan

Kabar tersebut muncul setelah adanya memo yang diberikan kepada semua dealer Toyota di AS. Isinya berupa model Yaris Hatchback dan Sedan takkan lagi dijual mulai tahun depan. Tapi untuk Yaris yang ada di luar AS masih akan terus dijual.

Padahal Yaris sudah lama menjadi andalan Toyota karena merupakan mobil termurah mereka disana. Mungkin ini terjadi karena segmen hatchback di Amerika Serikat tak seramai di Asia atau Eropa. Atau mungkin karena persaingannya terlalu ketat.

Sebagai Scion iA

Sejarah Yaris di pasar Amerika bisa dibilang cukup berliku jika dibandingkan dengan benua lainnya. Awalnya Mazda menjual Yaris dengan nama Scion iA dan dijual di AS, tapi di Meksiko tetap menggunakan nama Yaris yang dijual Toyota. Penjualannya juga cukup bagus di dua negara tersebut.

Namun setelah merek Scion ‘dipensiunkan’ pada tahun 2016, keduanya mengganti namanya menjadi Yaris iA. Sejak saat itu, Yaris mendapat beberapa kali facelift atau minor change. Terakhir mobil hatchback ini mendapat penyegaran pada tahun 2019 lalu.

Artinya facelift tersebut akan menjadi yang terakhir bagi Yaris di AS, dan mulai bulan ini juga Toyota Amerika akan memproduksi batch terakhir mobil tersebut. Tapi tenang, Yaris di Eropa dan Asia masih aman, kok. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, Yaris masih bisa menguasai segmennya di dua benua ini.

1 Comment

Leave a Reply