Korea Selatan Umumkan Recall Mobil Besar-besaran !

auto recall ilustration
auto recall ilustration

RiderTua.com – Baru-baru ini, Kementerian Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan mengumumkan penarikan mobil berskala besar. Ada 7 merek otomotif yang kena dampaknya dan harus mematuhi arahan kementerian. Recall mobil di Korsel ini melibatkan hingga lebih dari 500 ribu unit! Lalu ada apa sebenarnya?

Baca juga: Kenapa Mobil Terbaru Renault Selalu Pakai Mesin 1.000 cc ?

Recall Mobil Lebih dari 500 Ribu Unit

Tujuh merek otomotif yang harus melakukan recall mulai dari Hyundai, Kia, Mercedes-Benz, BMW, FCA (Fiat-Chrysler), Volkswagen, dan Audi. Tapi yang paling banyak terdampak yaitu Hyundai, dengan total 294.622 unit mobil. Itu hampir 50 persen dari total 549.931 unit yang ditarik.

Ada masalah apa? Kementerian menemukan cacat produksi pada semua mobil yang terdampak tersebut. Untuk Hyundai Santa Fe, ditemukan masalah pada sistem rem ABS. Kemudian BMW yang punya sistem pendingin gas buang dan airbag bermasalah. Lalu Mercy E280 memiliki kaca sunroof yang gampang copot.

Ditanggung Pabrikan

Entah bagaimana dengan Kia, FCA, Audi, hingga VW, yang pasti ketujuh merek tersebut harus mengikuti arahan dari kementerian. Sementara itu pihak berwenang menyebut kalau semua produsen sudah mulai menarik mobil yang bermasalah tersebut. Walau perkembangannya masih terus dipantau.

Hyundai dan KIA
(Foto: Otomotif Kompas) Hyundai dan KIA

Dalam perbaikan ini, para produsen akan menanggung semua biaya recall. Para pemilik mobil bisa mendatangi dealer untuk mencari informasi mengenai penarikan tersebut. Jika mobilnya yang terdampak, maka akan segera diperbaiki, dan pemilik mobil tak perlu membayar alias gratis.

Mungkin ini bukan pertama kalinya terjadi recall besar-besaran. Tahun lalu saja VW Group harus menarik lebih dari sejuta unit mobilnya di Amerika Serikat setelah terlibat dalam kasus dieselgate.

Be the first to comment

Leave a Reply