KTM Mau Membuat Model Baru Untuk X-Bow

RiderTua.com – KTM merupakan merek otomotif yang sangat terkenal di Austria, baik dari produk motornya hingga keikutsertaanya di ajang balap. Ternyata pabrikan ini juga punya mobil bernama X-Bow (dibaca crossbow). Berjenis mobil balap legal jalan maupun sirkuit, X-Bow akan punya varian baru dalam waktu dekat. Sehingga mereka bisa setara dengan Porsche atau Lamborghini.

Baca juga: KTM 890 Duke R Siap Ngaspal Ini Spesifikasi dan Harganya

Mobil Balap X-Bow Varian Baru

X-Bow bukanlah mobil yang tergolong baru, karena KTM pertama kali mengenalkannya pada tahun 2008 silam. Mungkin namanya terinspirasi dari senjata crossbow yang bisa menembakkan peluru dengan cepat. Seperti crossbow, X-Bow punya performa yang sangat kencang baik di sirkuit maupun jalan.

Kebetulan KTM ingin menambah varian X-Bow dengan tambahan model baru. Disebut sebagai X-Bow GTX dan GT2, disebutkan kalau keduanya akan menjadi varian tertinggi mobil balap ini. Bahkan performanya lebih tinggi dari X-Bow varian biasa.

Jadi Mobil Balap Beneran

Desainnya tetap seperti model lamanya, hanya saja dibuat lebih garang dengan sudut-sudut tajam. Untuk model GTX, sekilas mirip dengan McLaren Senna GTR, lengkap dengan roll cage serta rangka monokok. Walau terlihat lebih besar, GTX diklaim punya bobot dibawah satu ton, sehingga lebih mudah dibawa melaju kencang.

Walau memakai model yang sama, tapi kalau urusan performa mesin tentu beda. Dengan mesin lamanya, GTX mampu memberi tenaga hingga 500 dk dan GT2 600 dk. Tak heran jika X-Bow sering dibawa ke ajang balap mobil, seperti GT2 hingga Nurburgring Langstrecken.

Varian X-Bow ini masih belum diproduksi massal, tapi sudah ada konsumen yang memesan. KTM rencananya akan mengetes X-Bow GTX di ajang GT World Challenge Europe Sprint Cup 2021. Lalu berapa banderolnya? Hanya Rp 3,7 miliar untuk tipe termurahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply