Saling Kecam Tentang Pembekuan Mesin KTM vs Aprilia Berakhir, Siapa yang Menang?

Aprilia memenangkan pertempuran dengan KTM tentang pembekuan mesin MotoGP

RiderTua.com – Diantara dua tim yang mempunyai konsesi, terjadi aksi saling kecam. KTM dan Aprilia berselisih tentang tanggal pembekuan mesin untuk pabrikan yang mempunyai manfaat kelonggaran. FIM akhirnya memberikan kelonggaran pada pabrikan Italia, mengingat Aprilia memulai debut pada tahun 2020 dengan mesin yang sama sekali baru. Kini saling kecam tentang pembekuan mesin KTM vs Aprilia berakhir..

Saling Kecam Tentang Pembekuan Mesin KTM vs Aprilia Berakhir

Sementara Aprilia dan KTM belum dimasukkan dalam ‘homologasi jarak jauh’ tanggal 25 Maret. Dimana pernyataan pembekuan teknologi berbunyi bahwa: ‘Kedua produsen Non-Konsesi dan Konsesi harus memulai musim 2021 menggunakan bagian homolog Maret 2020’ yang menyarankan Aprilia dan KTM akan bergabung dengan 4 pabrikan yang lain membekukan mesin mereka dengan Spek tes Qatar 2020.

Tampaknya KTM puas dengan mesinnya dan menyerahkan konsesi pengembangan mesin 2020 dan mematuhi tenggat waktu desain Non-Konsesi ‘Qatar’. Namun Aprilia ingin terus menyempurnakan mesin RS-GP terbaru hingga balapan pembuka. Ini yang membuat masalah kedua tim…

Aprilia Menang

Namun kini Aprilia memenangkan pertempuran dengan KTM tentang pembekuan mesin.. Dimana awalnya KTM ingin Aprilia membekukan mesinnya juga dari awal tahun, tetapi pabrikan Italia, yang memiliki mesin baru, akhirnya diperbolehkan memodifikasi mesinnya hingga 29 Juni nanti..

Komisi Grand Prix, terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, sebagai Ketua), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA), dalam ‘meeting elektronik’ yang diadakan pada 30 April dan 7 Mei 2020, menghasilkan keputusan sebagai berikut :

Poin Konsesi MotoGP

Karena berkurangnya jumlah balapan, ada kemungkinan bagi produsen non-konsesi ( Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki) untuk mendapatkan konsesi untuk tahun 2021. Untuk mengatasi masalah ini, Komisi menyetujui perubahan peraturan:

  • Selama musim 2020 hak konsesi bisa hilang saja, dan tidak bisa mendapatkan hak konsesi.
  • Peraturan saat ini berlaku untuk waktu hilangnya konsesi.
  • Semua poin konsesi yang diperoleh selama tahun 2020 oleh produsen konsesi ( Aprilia, KTM) akan terus memiliki validitas 2 tahun.

Grand Prix Commission memutuskan bahwa homologasi spesifikasi mesin 2020/2021 untuk produsen MotoGP yang mendapat manfaat dari konsesi (KTM, Aprilia) dapat ditunda. Ini berarti bahwa KTM dan Aprilia sekarang diharuskan untuk memasok mesin sampel ke Direktur Teknis hingga batas waktu 29 Juni 2020.

Be the first to comment

Leave a Reply