Penjualan Mobil di China Naik Walau Global Terpuruk

(Foto: Kabar Banten)

RiderTua.com – China sudah dianggap sebagai ‘pusatnya penjualan mobil dunia’, karena sebagian besar penjualannya berasal dari negara ini. Sempat terpuruk karena pandemi, kini Negeri Tirai Bambu mencoba untuk bangkit kembali. Bahkan kenaikan penjualan mobil yang ada di China benar-benar naik drastis. Meskipun penjualan global mengalami penurunan.

Baca juga: Penjualan Mobil Global Turun Lagi di Bulan Maret !

Kenaikan Penjualan Mobil di China

Sebenarnya China baru selesai melalui masa sulit pandemi, ketika dunia masih merasakannya. Aktivitas penjualan dan produksi mobil sudah berjalan normal. Sehingga alasan tersebut memang masuk akal kenapa hasil penjualan mobil disana ‘ngelunjak’ lagi.

Kenaikan ini baru terdeteksi pada bulan April lalu, dimana keadaan disana sudah agak mereda. Dengan hasil 2 juta unit mobil terjual, hasil ini meningkat 0,9 persen dari tahun sebelumnya. Walau kenaikannya kecil, tapi hasil ini sudah cukup membuat para produsen disana lega.

Kuartal Pertama Terpuruk

Hasil yang didapat memang menjadi ‘obat’ untuk hasil penjualan mobil di kuartal pertama tahun ini. Saat itu penjualan anjlok hingga 32,1 persen, atau 5,67 juta unit. Kalau melihat dari ‘siklusnya’, seharusnya bisa menjual lebih dari itu.

(Foto: Liputan6.com)

Memang dampak pandemi membuat semua aktivitas di industri otomotif terhenti. Banyak pabrik yang ditutup, dan semua penjualan dilakukan secara online. Tapi tetap saja itu tak membuat mereka bisa menghindar dari penurunan.

Sepertinya ini akan menjadi awal baru bagi dunia otomotif di China. Walau secara global masih terpuruk, ketika pandemi sudah berakhir, maka keadaannya akan seperti di China. Semua aktivitas berjalan kembali normal dan penjualan bisa pulih kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply