Mazda Ingin Terus Pertahankan RX Series ?

0
Render

RiderTua.com – Mazda RX Series dikenal sebagai jajaran mobil bermesin rotary. Namun kini keberadaan model ini sudah hampir ‘punah’ setelah RX-8 tak lagi diproduksi sejak tahun 2012 silam. Banyak yang mengira kalau era mesin rotary dari pabrikan ini akan berakhir. Tapi ada dugaan kalau Mazda ingin terus pertahankan lini RX Series.

Baca juga: Mesin Rotary Mazda akan ‘Diturunkan’ ke MX-30 ?

Mazda Ingin Terus Pertahankan RX Series ?

Beberapa minggu lalu sempat ada kabar kalau MX-30 yang akan mendapat mesin rotari tersebut. Memang Mazda ingin melakukan sesuatu yang berbeda, dengan menggabungkan listrik dan rotari. Lalu apa artinya RX Series benar-benar akan ditinggalkan begitu saja?

Banyak yang berharap Mazda bisa membuat RX-9 sebagai penerusnya, tapi belum mendapat kepastian. Tapi belakangan ini muncul gambar dari paten yang didaftarkan Mazda. Gambar tersebut diduga merupakan RX generasi terbaru.

Terlihat ada beberapa komponen yang terlihat, dari mesin rotary, kapasitor, motor listrik, hingga AWD hybrid. Kelihatannya model ini akan menjadi mobil hybrid. Tiap motor listriknya yang jumlahnya tiga buah dilengkapi dengan 3 inverter.

Gearbox-nya akan diletakkan di atas roda belakang karena keberadaan baterai lithium-ion di tengah mobil. Biasanya letak gearbox seperti ini sering dijumpai pada model Ferrari atau Porsche. Tapi sepertinya tenaga dan torsi yang dihasilkan takkan terlalu besar seperti yang diperkirakan.

Jika gambar tersebut benar-benar komponen untuk RX-9, maka RX Series bisa terus dipertahankan. Walau belum jelas apakah komponen tersebut untuk model RX terbaru atau model baru lainnya. Apalagi MX-30 yang akan mendapat mesin rotari untuk varian terbarunya.

Leave a Reply