Peugeot Dulunya Tak Jualan Mobil, Tapi…

RiderTua.com – Mobil – Peugeot merupakan satu dari sekian produsen otomotif asal Prancis. Walau sebagai produsen roda empat, nyatanya mereka awalnya tak berjualan mobil. Melainkan alat perkakas hingga penumbuk lada. Peugeot dulunya tak jualan mobil, tapi…

Peugeot 3008 Allure
Baca juga: Berkat Dua SUV-nya, Peugeot Indonesia Bisa Bertahan

Peugeot Dulunya Tak Jualan Mobil, Tapi…

Dilansir otosia.com (27/03/2020), Peugeot ternyata sudah didirikan sejak 200 tahun yang lalu! Tentu itu usia yang sangat tua untuk produsen mobil. Walau kenyataannya Peugeot tak memulai sebagai pembuat kendaraan, tetapi alat perkakas.

Peugeot juga membuat alat penumbuk lada hingga pengecoran baja. Tentu bisa dibayangkan betapa sulitnya masa tersebut, sebelum dipimpin oleh Armand Peugeot. Ia kemudian menjadikan perusahaannya sebagai produsen sepeda mulai tahun 1882.

Sejak dipimpin Armand, Peugeot terus melebarkan sayapnya hingga menjadi perusahaan yang sukses pada masanya. Mereka juga dapat mengenalkan produk sepeda roda tiganya bertenaga uap pada tahun 1889. Mungkin mereka tak menyangka kalau langkah ini membawanya ke dunia otomotif roda empat.

Di tahun 1892 inilah dimulainya era kendaraan roda empat untuk Peugeot. Mereka merakit mobil yang ditenagai oleh mesin milik Daimler. Armand bahkan berkeinginan agar Peugeot menjadi perusahaan otomotif besar suatu hari nanti.

Pada tahun 1910, keinginan Armand terwujud sudah. Peugeot berhasil menjadi produsen otomotif terbesar di negaranya, dengan 10 ribu unit diproduksi di tahun yang sama. Sejak saat itulah, Peugeot yang dulunya membuat alat perkakas kini memproduksi mobil hingga sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply