Apa Itu Shakedown Test MotoGP?

0
Aprilia Bersinar dalam Tes, Meredup dalam Race

RiderTua.com – Apa itu Shakedown Test?.. yang dalam bahasa Prancis adalah deverminage atau dalam bahasa Inggrisnya debugging.. Debugging dalam istilah programing adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk mencari dan mengurangi bug. Atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan. Apa itu Shakedown Test MotoGP?

Apa Itu Shakedown Test MotoGP?

Di MotoGP tes shakedown atau debungging diperuntukkan bagi tes rider, rookie, dan tim konsesi di awal musim. Sebagian besar motor MotoGP memerlukan tes shakedown, sebelum digunakan pada pertemuan balapan. Misalnya pada 2 Februari 2020 ini. Michele Pirro melakukan shakedown tes pada dua motor versi berbeda desmosedici GP20, dalam persiapan untuk GP Qatar. Michele Pirro adalah pembalap uji tim Ducati saat ini, sementara pembalap utamanya adalah Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Baik Tes Shakedown (2-4 februari) dan tes resmi atau Official Test ( 7-9 Februari), digelar di sirkuit yang sama: Sepang – Malaysia. Tes Shakedown dan Official Test adalah aktivitas yang berbeda tetapi saling berkaitan satu sama lain. Karena proses ‘Shakedown’ harus diakomodasikan pada setiap strategi testing.

Official Test / Tes Resmi

Pengujian mesin MotoGP adalah bagian yang sangat penting dari proses persiapan untuk tim yang terlibat dalam MotoGP. Sesi tes memungkinkan tim untuk menguji motor baru, mengumpulkan data fundamental, merekam sensasi dengan ban baru, membuat simulasi balapan, mengembangkan pengaturan baru dan menyelesaikan masalah dengan mesin prototipe.

Test ini adalah sebuah proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan ketidaksesuaian hasil sebuah sistem dengan hasil yang diharapkan dengan tujuan memastikan kualitas.. Tentunya dalam balapan yang diharapkan adalah paket motor yang kuat..

Apa Beda Tes Shakedown dan Tes Resmi MotoGP?

Jika melihat dari penjelasan di atas. Shakedown Test adalah tes untuk menemukan error yang terjadi akibat tidak sempurnanya sebuah proses peracikan paket motor baru.. Menganalisa paket ( mesin, sasis, elektronik dll).. Shakedown lebih rumit ketika perubahan salah satu part berpengaruh dengan yang lain.. Menguji per part atau per bagian agar dapat bekerja dalam satu paket motor prototipe baru.

Sedangkan Tes Resmi dimulai dengan kondisi yang diketahui dengan hasil yang diharapkan, sebuah proses yang dapat direncanakan, dirancang dan dijalankan. Sedangkan Shakedown adalah proses yang tidak bisa dipaksakan. Dan merupakan proses untuk memberikan absolusi (bisa dimaklumi) pada kegagalan salah satu part. Untuk pembalap rookie contohnya: kegagalan atau jatuh adalah sebuah kewajaran. Karena masa adaptasi, beda dengan pembalap lama dimana pasti ada kesalahan disana jika jatuh…

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara tes resmi dan shakedown adalah bahwa proses shakedown dilakukan oleh pengembang (pabrikan atau pemasok dan tes rider). Dan mereka memperbaiki masalah yang diajukan pada saat tes dalam fase shakedown ini. Hasil shakedown adalah masalah terselesaikan dan siap untuk pengujian ulang pada tes resmi. Tes rider atau pembalap pada tes resmi tidak memperbaiki cacat atau error. Namun mereka memverifikasi cacat itu yang kemudian diperbaiki oleh pengembang (pabrikan dan tes rider).

Referensi: paddock-gp.com(02/02/20), motogp.com, medium.com

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP10):

  1. Perlakuan Yamaha Terhadap Valentino Rossi Memicu ‘Gelombang Anti-Yamaha’ dari Die Hard Fans VR46?
  2. Apakah Rossi Masih Punya Taring? Bos Honda Alberto Puig Menjawab
  3. Valentino Rossi ke Tim Satelit, Petronas Bagai Mendapat Durian Runtuh!
  4. Umpan Ducati Berhasil Goyahkan Skuad Yamaha, Rossi Jadi Korbannya
  5. Paolo Ciabatti: Jonathan Rea Lebih Mudah Dikalahkan daripada Marquez
  6. Pembalap ‘Jahat’ yang Tersisa adalah Alex Rins!
  7. Keputusan Yamaha Membuat Penggemar Valentino Rossi Kecewa?
  8. All-Italia: SKY VR46 Satu-satunya Tim di Dunia dengan 4 Pembalap Italia di Kelas Berbeda
  9. Jorge Lorenzo Resmi Gabung Yamaha, Siap Pacu Motor M1 di Tes Shakedown Sepang
  10. Quartararo Dipinang, Bos Petronas Malah Girang!

Leave a Reply