Ini Alasan Kenapa Honda Tak Mau Beraliansi

Mobil-Honda
(Foto: mobildong) Mobil-Honda

RiderTua.com – Mobil – Aliansi sudah menjadi pemandangan biasa di dunia otomotif. Beberapa diantaranya cukup terkenal, seperti aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault. Tapi entah mengapa Honda divisi mobil tak ingin ikut-ikutan membentuk aliansi. Ini alasan kenapa Honda tak mau beraliansi.

Baca juga: Honda Jazz Versi Sporty akan Bersolek Tahun Depan

Ini Alasan Kenapa Honda Tak Mau Beraliansi

Aliansi sebenarnya dinilai cukup menguntungkan. Seperti mengurangi biaya pengembangan teknologi atau produk baru, sampai bisa melakukan platform sharing ke merek lain. Tapi Honda sepertinya tak tertarik dengan keuntungan dari beraliansi.

Melansir autonetmagz.com (27/12/2019), pernyataan ini diungkapkan oleh CEO Honda, Takahiro Hachigo. Ia sebelumnya terkenal dengan pernyataan yang dinilai ‘aneh’ soal mobil listrik. Lalu kenapa Honda tak mau beraliansi?

Takahiro menjawab kalau dengan beraliansi, maka merek lain akan ikut campur dengan urusan Honda. Sehingga mereka tak bisa berbuat lebih banyak dalam membuat keputusan. Takahiro sendiri tak mau menginginkan hal ini terjadi.

2018 Civic i-DTEC Diesel

Meskipun tak mau beraliansi, Honda tetap mau bekerja sama dengan merek mobil lain. Salah satunya dengan General Motors (GM) yang akan mengembangkan teknologi hydrogen fuel cell. Kerja sama ini merupakan win-win corporation, bukan aliansi.

Memang sah-sah saja kalau ada merek mobil yang tak mau beraliansi. Itupun sudah merupakan keputusan dari pimpinannya. Walau dengan segala keuntungan yang didapat dari beraliansi.

2 Comments

Leave a Reply