Yayasan AHM Resmikan Safety Riding Lab Sumatera Utara

RiderTua.com – Motor – Pada 12 Desember lalu, Yayasan Astra Honda Motor (AHM) meresmikan Safety Riding Lab yang dibangun di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara. Sejak tahun 2018, Yayasan AHM telah mengembangkan Safety Riding Lab. Yayasan AHM resmikan Safety Riding Lab Sumatera Utara.

Baca juga: AHM Gelar Supra GTR Speed Challenge bagi Komunitas

Yayasan AHM Resmikan Safety Riding Lab Sumatera Utara

Peresmian tempat edukasi keselamatan berkendara ini merupakan fasilitas ketiga yang dibangun oleh Yayasan AHM. Sebelumnya Safety Riding Lab diresmikan di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Kemudian Safety Riding Lab di SMK Walisongo, Menes, Provinsi Banten.

Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai ini merupakan bentuk kolaborasi tiga pihak. Yaitu Yayasan AHM, SMK PABA dan Main Dealer sepeda motor Honda di Provinsi Sumatera Utara, PT. Indako Trading Coy.

Lab ini memiliki tiga zona, yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik. Zona ini berguna untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan dan menerima materi tentang keselamatan berkendara.

Zona Audio-Visual difungsikan sebagai sarana bagi siswa duta safety riding sekolah untuk melakukan aktivitas. Mereka dapat menggunakan zona ini untuk ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety riding.

Berikutnya adalah Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media praktek berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan berkendara secara aman. Para duta safety riding juga dapat membaca buku-buku referensi dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang disediakan.

Selain itu, terdapat Zona Praktek yang spesifikasinya mengacu pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik berkendara yang lengkap, dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Kampanye Keselamatan Berkendara

Ketua Yayasan AHM, I Putu Astawa, menyampaikan Safety Riding Lab merupakan tahap lanjutan Yayasan AHM dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Dengan dukungan sarana prasarana bagi para duta safety riding, kesadaran keselamatan berkendara diharapkan bisa semakin maksimal tersebar di generasi muda.

Bentuk kampanye program Safety Riding AHM diawali dengan program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah Satu Hati. Saat ini sekolah tersebut sudah ada di 26 lokasi di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sumatera Utara AHM.

Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih duta Safety Riding dalam kemampuan blogging dan fotografi sebagai media publikasi. Sehingga para duta safety riding dapat menyebarkan pentingnya keselamatan berkendara ke berbagai kalangan, khususnya generasi muda.

Be the first to comment

Leave a Reply