Audi Mau Gandeng SAIC untuk Lawan BMW-Mercy ?

Audi-logo
Audi-logo

RiderTua.com – Mobil – Dominasi segmen mobil mewah sudah semakin kuat. Sebut saja BMW dan Mercedes-Benz yang lebih mendominasi segmen tersebut. Untuk bisa menjadi rival yang seimbang, Audi berpeluang menggandeng SAIC, perusahaan otomotif asal China. Audi mau gandeng SAIC untuk lawan BMW-Mercy.

Baca juga: Audi: Kini e-Tron Bisa Melaju Lebih Jauh !

Audi Mau Gandeng SAIC untuk Lawan BMW-Mercy ?

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation). Di Indonesia, perusahaan ini dikenal karena memegang merek Wuling. Atau biasa disebut sebagai SGMW (SAIC-General Motors-Wuling).

Lalu kenapa harus SAIC dan bukan produsen lain? Melansir Autonetmagz.com (11/12/2019), ini dilakukan untuk memperkuat daya saingnya dengan BMW dan Mercy. Lagipula SAIC memiliki pamor yang cukup kuat di dunia otomotif.

Sebenarnya Audi bekerja sama dengan FAW (First Automotive Works) di China. Namun rivalnya menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya di negara yang sama. Seperti Mercy dengan BAIC (Beijing Automotive Industry Holding Co.), Fujian Motors Group, sampai Geely. Sementara BMW bersama Brilliance Auto Group dan Great Wall Motors Company.

Namun sampai sekarang belum ada kepastian baik dari SAIC maupun Audi. Tapi rencana ini bisa membantu penjualan Audi di China yang selama ini menurun. Penyebabnya tak lain karena kalah saing dengan BMW dan Mercedes-Benz.

SAIC sendiri sudah menjalin kerja sama dengan General Motors, sehingga tak heran kenapa Wuling Almaz hingga Chevrolet Captiva memiliki desain yang serupa. Mungkinkah berbagai platform juga akan terjadi setelah menggandeng Audi?

Be the first to comment

Leave a Reply