Indonesia Bisa Andalkan Mobil Listrik untuk Dominasi ASEAN

Mitsubishi Beri 10 Mobil Listrik untuk Bahan Penelitian di Indonesia
mobil listrik mitsubishi

RiderTua.com – Mobil – Memang untuk saat ini kendaraan listrik belum banyak beredar di Indonesia. Namun ke depannya akan ada gebrakan mobil listrik, termasuk potensi mengekspornya ke luar negeri. Sehingga Indonesia dapat mengandalkannya untuk mendominasi kawasan ASEAN. Indonesia bisa andalkan mobil listrik untuk dominasi ASEAN.

Baca juga: Tahun Depan, Toyota Mulai Fokus pada Mobil Listrik

Indonesia Bisa Andalkan Mobil Listrik untuk Dominasi ASEAN

Melansir kompas.com (28/11/2019), mobil listrik masih beluym sepenuhnya diterapkan. Masih ada petunjuk teknis aturan yang belum diselesaikan. Jika sudah dirilis, maka produsen mobil bisa membuatnya, atau merakitnya secara lokal.

Walau terlihat mudah, namun masih ada tantangan yang harus dihadapi. Seperti Indonesia yang harus bersaing dengan Thailand, Vietnam, dan negara di Asia Tenggara lainnya. Tapi secara keseluruhan, Thailand masih mendominasi untuk saat ini.

Ini karena industri otomotif disana mendapat dukungan dari pemerintah. Jika pemerintah Indonesia mendukung penuh kendaraan listrik, maka berpeluang bisa mengungguli Thailand dalam segmen tersebut.

(Foto: Carvaganza.com)

Tak hanya soal mobil listrik, Indonesia dinilai memiliki sumber daya yang melebihi negara tetangganya. Jadi pemerintah bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa mengembangkan mobil listrik lebih jauh lagi.

Yang tak boleh dilupakan yaitu soal baterainya. Karena belum ada pabrik produksi baterai mobil listrik, maka diharapkan bisa digarap mulai sekarang. Agar nantinya tak perlu repot-repot menunggu komponen utamanya.

Be the first to comment

Leave a Reply