Toyota Tak akan Bawa Mobil dari India ke Indonesia

Toyota Glanza, ‘kembarannya’ Suzuki Baleno

RiderTua.com – Mobil – Toyota memiliki berbagai macam mobil yang dijual di beberapa negara. Tapi model tersebut sudah disesuaikan dengan permintaan pasar. Sehingga inilah Toyota tak ingin membawa sebagian modelnya dari India ke Indonesia. Toyota tak akan bawa mobil dari India ke Indonesia.

Baca juga: Toyota Masih Bimbang dengan Raize 5-Seater

Toyota Tak akan Bawa Mobil dari India ke Indonesia

Salah satu model yang sempat menjadi sorotan yaitu Toyota Glanza. Sedan ini merupakan hasil rebadge dari Suzuki Baleno. Sementara ada beberapa model lainnya yang juga merupakan hasil joint venture dengan Suzuki.

Tapi ini tidak membuat Toyota Astra Motor (TAM) tertarik untuk membawanya. Bukannya model tersebut dipandang kurang bagus, tetapi karena karakteristik modelnya berbeda dengan permintaan di Tanah Air.

Kolaborasi Toyota dan Suzuki hanya diperuntukkan di pasar otomotif Negeri Bollywood. Sehingga ada beberapa modelnya yang merupakan hasil rebadge. Layaknya Daihatsu dengan Toyota, walau masih satu perusahaan namun Daihatsu masuk sebagai divisi.

toyota-etios-valco
toyota-etios-valco

Walau begitu, TAM pernah membawa salah satu model dari India ke Indonesia, yaitu Etios Valco. Model tersebut hanya menyediakan transmisi manual saja, sementara orang Indonesia lebih menyukai transmisi matik. Sehingga Etios Valco perlahan ditinggalkan dan sudah tak dijual lagi.

Inilah mengapa TAM tak ingin melakukan hal yang sama dengan produk lainnya di India. Apalagi model asli Glanza sudah dijual oleh Suzuki sebagai Baleno.

1 Comment

Leave a Reply