Kenapa Vinales Bisa Lebih Cepat dari Rossi ?

RiderTua.com – Di paruh kedua musim ini pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales terus menjadi lebih kuat dan kuat. Bukan hanya rookie MotoGP Fabio Quartararo saja, pembalap asal Spanyol itu mengungkapkan kenapa dia bisa cepat di akhir musim, hal ini dia ungkapkan pasca kemenangan di Sepang. Namun ada apa dengan Rossi ?.. Kenapa Vinales Bisa Lebih Cepat dari Rossi ?

Kenapa Vinales Bisa Lebih Cepat dari Rossi ?

Sejak GP Silverstone pada 25 Agustus, Maverick Vinales menyelesaikan enam balapan di posisi empat besar. Dia terlihat semakin menikmati ritme laju Yamaha M1 di Sepang, yang merupakan kemenangan keduanya musim ini.

Yamaha Meningkat dengan Elektronik

Motor-motor Yamaha M1 di penghujung musim ini selalu berada di barisan depan. Pembalap berusia 24 tahun itu, naik ke posisi ketiga dalam klasemen pembalap menjelang akhir musim. Kenapa bisa begitu, berikut penjelasannya: “Kami hanya mencoba menjaga agar motor tetap sama dan memahami bagaimana melakukannya mengendalikannya dan mendorong sampai batas. Itulah mengapa kami mengerjakan sektor elektronik. Dan itu menjadi kuncinya. Menjadi lebih menyatu dengan motor dan itu yang paling penting. Ikuti arus motor saat di tikungan dan dapatkan yang terbaik dari kelebihan motor Yamaha.”

Rossi Lebih Percaya Part Baru

Bagaimana dengan Rossi?.. Paruh kedua musim ini kita melihat Valentino selalu mencoba part-part baru lebih banyak dari Vinales. Sementara pembalap Italia itu berfikir juga tentang M1 2020, Vinales tidak mau memikirkannya. Sebagai contoh knalpot baru dimana Rossi sangat tertarik untuk memakainya Vinales cenderung suka knalpot model lama..

Dalam balapan San Marino Yamaha lebih banyak menderita dalam balapan. Pada sesi latihan Vinales mencoba swingarm karbon, tetapi kemudian kembali ke model lama ( Aluminium). Sementara Valentino memakai part baru Yamaha termasuk knalpot ganda, swingarm karbon, dan penutup roda depan. Hasilnya dengan part-part baru, Rossi justru tertinggal hampir 13 detik dari Vinales dalam lomba…

Vinales Fokus dengan paket lama

Vinales bahkan mengakui sebagai pembalap pabrikan mereka memiliki banyak part untuk dicoba dan dikembangkan untuk motor di sepanjang musim. Selalu sangat rumit untuk meningkatkan performa diri sendiri, jika selalu mencoba hal baru, kata Vinales. Sejak pertengahan musim, saya memakai motor yang sama bahkan jika ada part baru. Saya mencoba untuk meningkatkan diri saya sendiri untuk berada di level terbaik. Kami berhasil. Itu tentang memahami motor agar lebih baik,” tutup Vinales.

Sementara Rossi disibukkan dengan mencoba part baru, Vinales lebih fokus dengan bagaimana meningkatkan performa dirinya sendiri tanpa banyak terpengaruh dengan pengembangan motor… Memang Vinales juga wajib tes part baru yang disuguhkan oleh insinyur Yamaha. Namun keputusan akhirnya dia cenderung memakai yang lama dan terus meningkatkannya..

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP3):

  1. Ini Penyebab Marquez ‘Kehabisan Bensin’ Lagi?
  2. Perdebatan Seru Marquez dan Yokoyama Tentang Pemilihan Ban!
  3. Akibat Cuaca Buruk, Jadwal MotoGP Australia Direncanakan Diubah Mulai 2021 !

1 Comment

  1. krena MV cenderung mengikuti gaya balap JL. sedangkan bangkotan lebih percaya kepada ‘mic’ untuk bisa membuatnya tetap juara..

Leave a Reply