Motor Baru! BMW S1000XR 2020 dengan Sistem ShiftCam Sangat Ramah Lingkungan !

RiderTua.com – Pabrikan sepeda motor asal Jerman, BMW sudah berancang-ancang untuk mengubah S1000XR untuk tahun depan ( 2020). Rencana itu kian mendekati kenyataan setelah munculnya konfirmasi pengajuan emisi di Amerika Serikat. BMW S1000XR 2020 dengan Sistem ShiftCam sangat ramah lingkungan !

Pabrikan roda dua yang didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp ini sudah mendapat lampu hijau dari California Air Resources Board (CARB) yang telah menerbitkan sertifikasi emisi untuk New S1000XR yang merujuk pada kode produksi ‘K69’. Dimana kode ini yang memastikan sebagai varian seri model terbaru dari kode produksi lawas saat ini yaitu ‘K49’.

Baca Juga: BMW G310 2020 Hadir dengan Warna baru

BMW S1000XR 2020 dengan Sistem ShiftCam Sangat Ramah Lingkungan

Dokumen-dokumen dari CARB tersebut menyebutkan pengurangan besar-besaran dalam hal emisi;

  • Tingkat hidrokarbon turun dari 0,154 g / km menjadi hanya 0,057 g / km..
  • Gabungan HC dan NOx dibagi dua dari 0,2 g / km menjadi 0,1 g / km..
  • Karbon monoksida berkurang hingga 90%, turun dari 1g / km hingga 0,1g / km.

Sistem ShiftCam

Bagaimana hal itu bisa dicapai?.. Sistem ShiftCam pada S1000RR terbaru sebagian besar bertanggung jawab untuk peningkatan kualitas emisi. , Walau seri XR sebenarnya sudah memiliki emisi yang lebih rendah. Satu perubahan yang tercantum dalam dokumen CARB adalah penambahan dua ‘sensor oksigen’ dalam knalpot, bersama dengan dua sensor O2 normal, menunjukkan ada lebih banyak informasi yang masuk ke ECU untuk membantu memberikan kontrol emisi yang lebih baik.

Melansir dari bennetts.co.uk, bobot sepeda motor yang terdaftar dalam bentuk ‘estimasi massa inersia’ CARB mencakup perkiraan kasar untuk berat pengendara dan bagasi. Berat ini tidak berubah dibandingkan S1000XR sebelumnya, tetapi mesin ShiftCam sangat berbeda dengan desain sepeda motor versi lama sehingga frame baru akan dibutuhkan untuk menggendong mesin terbaru ini.

Be the first to comment

Leave a Reply