Daihatsu Ragu dengan DP Mobil Murah, Kenapa ?

(Foto: viva)

RiderTua.com – Mobil – Beberapa saat lalu, BI (Bank Indonesia) mengeluarkan ketentuan uang muka atau DP (down payment) baru. Kebijakan ini berlaku untuk uang muka pembelian kendaraan sebesar 20-25 persen. Artinya, kebijakan rasio loan to value (LTV) dilonggarkan. Daihatsu ragu dengan DP mobil murah, kenapa.

(Foto: Warta Sumedang)
Baca juga: Daihatsu Xenia Masih Laku dari Rivalnya ?

Daihatsu Ragu dengan DP Mobil Murah, Kenapa ?

Dilansir dari Kompas.com (09/10/2019), kebijakan tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan. Memang akhir-akhir ini, penjualan mobil mengalami penurunan. Hal ini terjadi pasca Pemilu, bahkan sebelum itu terjadi.

Aturan ini akan berlaku pada tanggal 2 Desember mendatang. Walau masih cukup lama, tapi setidaknya produsen otomotif di Indonesia bisa melakukan perencanaan lebih awal.

Gaikindo mengatakan, selama kondisi politik dan ekonomi nasional belum stabil, maka kenaikan tersebut tidak akan signifikan. Walau ada dampaknya, tapi tidak secara signifikan.

booth_Daihatsu_di_IIMS_2017

Sementara itu, Astra Daihatsu Motor (ADM) ragu dengan kebijakan baru ini. Karena memang seperti yang dikatakan Gaikindo, kebijakan tersebut tidak akan berpengaruh besar. Selama daya beli masyarakat akan kendaraan pribadi rendah.

Tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun yang sulit bagi produsen otomotif. Daya beli konsumen yang menurun pasca Pemilu menjadi penyebab penjualan menurun. Bahkan diantaranya sempat anjlok.

Be the first to comment

Leave a Reply