Waktunya Waspada Pada Tim Yamaha, ECU M1 Akan Diracik Teknisi Ducati Marco Frigerio !

0

RiderTua.com – MotoGP, Salah satu titik lemah Yamaha adalah sisi elektronik, tim garputala ini dibuat pusing tujuh keliling akibat penyeragaman ECU. Ducati adalah tim yang paling diuntungkan dengan regulasi teknis ini. Sementara Honda sudah melewati masa ini karena sudah membajak teknisi dari Ducati Filippo Tosi.. Waktunya Waspada Pada Tim Yamaha, ECU M1 Akan Diracik Teknisi Ducati Marco Frigerio !

Honda Sudah Punya Teknisi Ducati Filippo Tosi

Dibalik kesuksesan tim Repsol, ada peran orang Italia disana dialah Filippo Tosi… Dia bergabung dengan Tim Honda Racing Corporation (HRC) sekitar tahun 2016 dan memainkan peran kunci dalam membantu tim untuk menafsirkan unit ECU tunggal Magneti Marelli. Dia sebelumnya pernah bekerja di Magneti Marelli dengan Ducati.

Tim Honda sejatinya mengalami masalah besar ketika terbentur pada masalah perangkat lunak atau ECU standart. Yang mulai diadopsi pada tahun 2016. Butuh beberapa waktu untuk memaksimalkan RC213V. Insinyur Jepang berusaha keras dan pusing dibuatnya. Namun kedatangan Filippo Tosi memberi cahaya terang dan vital.. Insinyur Italia itu paham dan tahu benar tentang perangkat lunak Magneti Marelli dan oleh karena itu dapat memberikan kontribusi penting. Filippo Tosi adalah orang yang berada di balik kemenangan Marquez dan Honda.

Yamaha Menderita

Masalah yang dikeluhkan Yamaha adalah ban belakang cepat habis.. Dan solusinya terletak pada unit kontrol Magneti Marelli yang unik (ECU). Inilah satu-satunya yang bisa memberi jawaban. Harus segera dicari solusi teknis ini. Memang tidak mudah karena untuk bisa memodifikasi sesuai karakter M1, harus benar-benar orang yang paham dengan teknologi Magneti Marelli .

Kali ini Yamaha mengambil jalan yang sama seperti Honda memakai jasa seorang insinyur Ducati Pramac. Namanya Marco Frigerio, seorang insinyur elektronik berpengalaman di tim Jack Miller, yang telah bekerja untuk Ducati selama sepuluh tahun dan tahu semua tentang unit kontrol Magneti Marelli. Tahun depan Marco Frigerio mulai bekerja di garasi Yamaha.

Sebuah manuver Yamaha yang tentunya tidak akan membuat senang Gigi Dall’Igna, sadar bahwa beberapa rahasia elektronik Ducati akan terbongkar ke lawan. MotoGP tidak hanya pertarungan pembalap di lintasan, tetapi juga di dalam pabrikan dan departemen yang mempelajari setiap area motor. Dalam beberapa tahun terakhir, unit kontrol elektronik menjadi kunci kekuatan motor. Dan tim Ducati  yang diuntungkan oleh Magneti Marelli sejak 2016.
Marco Frigerio telah lama bekerja untuk Ducati dan saat ini menjadi insinyur elektronik Jack Miller. Seluk beluk tentang perangkat keras dan perangkat lunak Magneti Marelli sangat paham Dia akan memainkan peran utama dalam bidang teknis Yamaha. Dia akan berkontribusi secara penuh pada pengembangan YZR-M1 dan untuk memungkinkan Valentino Rossi dan Maverick Vinales untuk kembali perkasa di lintasan…. Titenono wae tahun depan, Yamaha semakin ngacir di depan…

Trending Artikel Minggu Ini ( Top5 ):

  1. Transfer Pembalap MotoGP 2021: Marquez Ditawar Ducati, Tebak Digaji Berapa Sama Tim Merah?
  2. Maverick Vinales Pasti Ke Ducati ! Uji Nyali ?
  3. Bom Carlo Pernat : Zarco ke Honda Vinales Diincar Ducati Dovi Merapat ke KTM !
  4. 4 Tahun Lagi Marc Marquez Akan Kelelahan Kendarai Honda RC213V !
  5. Terkuak, Inilah Orang Italia Dibalik Kesuksesan Marc Marquez !

Leave a Reply