BMW Umumkan Recall Model i3 dan i8, Ada Apa ?

bmw-i8-roadster
(Foto: CNET) bmw-i8-roadster

RiderTua.com – Baru-baru ini, BMW mengumumkan program recall terhadap dua mobil listrik andalannya, yaitu i3 dan i8. Penarikan ini terjadi di Amerika Serikat, setelah NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) menemukan adanya masalah pada komponen listrik kedua mobil tersebut. BMW umumkan recall model i3 dan i8, ada apa.

Baca juga: Inilah Mobil BMW X5 yang Tahan Peluru dan Bom C4 !

BMW Umumkan Recall Model i3 dan i8, Ada Apa ?

Masalah yang dimaksud yaitu mengenai control modul listrik yang disematkan pada i3 dan i8. Kerusakan pada modul tersebut berpotensi mengakibatkan peningkatan resistansi Electric Motor Electronic (EME). Jika tidak diperbaiki, maka terjadi pemutusan daya ke sistem mobil dan menghasilkan tenaga mesin yang kurang kuat.

Tapi sebenarnya masalah ini hanya terjadi pada model i3 dan i8 dengan sistem voltase tinggi. Untuk model dengan sistem 12 volt masih bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya masalah.

Unit yang terdampak yaitu mobil produksi bulan Desember 2018 – Maret 2019. Sementara itu, BMW masih terus mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

bmw i3
(Foto: Otomotif -Liputan6.com) bmw i3

Ini bukan pertama kalinya i3 kena recall. Pada tahun 2017 lalu, sekitar 19 ribu unit i3 ditarik di AS karena masalah pada asap hasil pembuangan internalnya.

Entah apakah negara lain termasuk Indonesia juga kena dampaknya. Ini karena kedua mobil tersebut juga dijual di Tanah Air. Walau hingga kini belum ada pemilik yang melaporkan masalah pada mobilnya.

Referensi: Detik.com (14/09/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply