New KTM 890 GT : Kawin Silang 790 Duke dan 790 Adventure, Dicangkok Mesin Kembar Paralel 890cc !

RiderTua Blog – Pabrikan Austria KTM sedang meracik motor touring baru berkubikasi 890cc menggantikan line up 790 mereka. Konsepnya adalah sebuah motor berjenis SMT ( SuperMoto Touring) atau GT ( Grand Tourer). Menariknya mesin baru yang disematkan diantara gabungan frame KTM 790 Duke dan modifikasi dari varian KTM 790 Adventure adalah mesin kembar ( twin paralel). Hal lain yang menjadi pertanyaan pengamat roda dua adalah pergeseran line up ini terjadi hanya dalam waktu 2 tahun. Teori lain mengatakan KTM berusaha memasukkan line up di kelas menengah ( middleweight) dengan “kawin silang” varian yang sudah ada. New KTM 890 GT : kawin silang 790 Duke dan 790 Adventure, dicangkok mesin kembar paralel 890cc !

New KTM 890 GT : Kawin Silang 790 Duke dan 790 Adventure, Mesin Kembar Paralel 890cc

Dilansir rideapart.com, KTM memang terlihat sedang berusaha menawarkan banyak pilihan motor enduro dan petualang. Yang hanya dipisahkan oleh kenaikan kubikasi mesin selisih 100 cc. Dari hasil tangkapan kamera media ( spyshot) menunjukkan bahwa New KTM 890 GT, memakai frame KTM 790 dengan mesin kembar paralel, sehingga frame sepeda motor ini tidak akan membutuhkan perubahan dramatis untuk mengakomodasi mesin baru.

SMT ( SuperMoto Touring) atau GT ( Grand Tourer)

Menurut motofire.com, sepeda motor misterius itu tampaknya lebih condong mendekati GT ( Touring Bike) series. Karena dimensinya tidak setinggi KTM 790 Adventure, walaupun semua bisa terjadi karena penggunaan lingkar roda yang lebih kecil.. Walau sebagian besar menggunakan basis KTM 790 Adventure, dengan knalpot yang sama, desain ekor dan fairing depan-nya lebih rendah. Di mana untuk motor Adventure punya tangki yang tampak agak tinggi.

Lawan Ducati Hypermotard dan Aprilia Dorsoduro

Beberapa sumber percaya motor baru KTM 890 akan mulai debutnya di EICMA baik dalam versi Duke atau Supermoto atau bisa jadi keduanya. Dengan langkah ini memungkinkan KTM bersaing dengan Ducati Hypermotard dan Aprilia Dorsoduro. Dan diperkirakan KTM akan percaya diri melawan dua rivalnya mengingat KTM adalah sebuah perusahaan yang memiliki sejarah menciptakan mesin-mesin brilian yang menonjol, baik dalam desain dan performa.

Artikel Terkait:

Be the first to comment

Leave a Reply