Categories: MotoGP

Kenapa Rossi Cepat di Silverstone? Ini Penjelasannya !

MotoGP RiderTua – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengatakan bahwa sesi kualifikasi yang dilakoninya sangat bagus, dia menikmatinya, pembalap Italia itu menempatkan M1 di barisan depan di Silverstone. Saat latihan bebas Rossi terlihat kalah cepat dengan Marc Marquez atau Fabio Quartararo. Posisi diluar 10 besar membuatnya putus asa. Namun Rossi bertekat harus menemukan sesuatu yang istimewa. Kenapa Rossi Cepat di Silverstone? Ini Penjelasannya !

Setelah atur strategi dengan timnya Rossi terbukti cepat dengan 1: 58.596 memimpin atas Marquez dan Miller. Namun itu hanya terjadi beberapa detik, sebelum Marquez, merobek waktunya. Meskipun demikian, Rossi senang dengan performa kualifikasi-nya.

Kenapa Rossi Cepat di Silverstone?

Rossi dan timnya bekerja dengan baik selama latihan, mencoba untuk meningkatkan performa bahkan untuk sesi FP4. Dan fokus untuk sesi kualifikasi karena sangat penting jika ingin bertarung untuk podium, harus mulai di maksimum posisi lima, enam..!

Sesi kualifikasi tidak mudah strateginya, dia turun ke trek lebih dulu dengan ban pertama, tetapi di belakang banyak pembalap lain menunggu. Namun Rossi tidak ingin terjebak dalam kerumunan pembalap. Jadi, dia melambat, dia paham “hanya punya satu kartu untuk dimainkan”. Dan  ketika mencoba di lap terakhir… Rossi sangat menikmati performa motornya.

Faktor yang membuat Rossi cepat adalah : 

  • Yamaha sangat bagus di Silverstone. Keempat pembalap Yamaha kuat sepanjang akhir pekan.
  • Karakter Silverstone yang bekerja baik dengan motor Yamaha. Tikungan yang panjang dan cepat sebagai alasan mengapa Yamaha kuat, dan ditambah dengan peningkatan motor M1 beberapa pekan ini.
  • Selangkah demi selangkah Yamaha mulai bagus. Di Austria lebih baik dari Brno dan di Inggris sedikit lebih baik daripada Austria.
  • Ban medium cocok buat motornya.
  • Aspal baru punya cengkeraman bagus dan membantu.
  • Motor Yamaha semakin stabil walau melibas gundukan ( trek naik turun), M1 stabil dan cepat.
  • Teknisi Yamaha menurut Rossi sudah mulai melakukan hal-hal yang pintar, bisa mengubah situasi dibandingkan dengan dua tahun terakhir. Seperti dengan beberapa setingan kecil. Motor lebih baik dalam berakselerasi, lebih mudah bermanuver di semua model tikungan.

Kekurangan M1

Namun tetap saja Yamaha tidak cukup cepat di trek lurus, walau di sektor lain lain rerata sudah membaik. Dibantu karakter Silverstone sehingga untuk sirkuit lain harus dilihat lagi hasilnya. Kekurangan lain adalah daya tahan ban saat balapan dimana setelah 5 putaran cepat, M1 mengalami degradasi ban lebih cepat, terutama dibandingkan dengan Honda dan Ducati.

Ketika ditanya tentang apa yang bisa dia lakukan dalam balapan dengan banyak lap ( 20 putaran), Rossi mengatakan: “Sepertinya saya cukup kompetitif, dan ini sangat penting karena pada pertengahan musim kami sangat menderita, saya sangat lambat, dan saya tidak mampu mengendarai motor hingga batas kemampuan motor. Kita lihat saja apa yang terjadi saat balapan nanti malam jam 7.

Artikel terkait:

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024