Auto Ngacir ! Ganti Piston BeAT dengan Honda Vario 110 Lama, Akselerasi Nambah Masss… !

RiderTua Motor – Dengan dimensi yang mungil, Honda BeAT terkenal lincah dan gesit. Namun jika ingin menambah tarikannya bisa sedikit melakukan ubahan di sektor mesinnya. Memang dibilang ubahan ringan agak berat, dibilang berat juga tidak terlalu, karena untuk pemasangannya tidak merubah dinding silinder atau bagian lainnya. Ganti Piston BeAT dengan Honda Vario 110 Lama

Ganti Piston BeAT dengan Honda Vario 110 Lama

Agar akslerasi nambah Honda BeAT caranya cukup dengan mengganti piston nya dengan piston Honda Vario 110 yang masih karbu. Kenapa bisa nambah tarikannya tak lain karena rasio kompresinya naik. Seperti dirilis otomotifnet.gridoto.com, harga piston Vario 110 lebih murah dibandingkan piston BeAT itu sendiri.

Ganti Piston BeAT dengan Honda Vario 110 Lama, Akselerasi Nambah Masss

Yang membuat beda dari kedua piston itu adalah model kepala pistonnya. Untuk piston Vario lebih menonjol, sedangkan milik BeAT cekung.

“Diameter dan squish areanya sama. Artinya, pemasangannya enggak ada yang mesti disesuaikan,” ujar Endro Sutarno dari Technical Service Training Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta Utara.

Perubahan dari kedua desain piston ini jika di “kawin silang” akan mengubah spesifikasi kompresi. Dimana akan mendekati kompresinya Vario 110 karbu. Rasio kompresi Vario adalah 10,7:1, sedangkan BeAT 9,5 : 1.

Risikonya ?

  1. Walau mendongkrak akselerasi namun jika kompresinya naik (misalnya hingga 10,5:1), akan menimbulkan panas yang tinggi. Sementara Honda BeAT berpendingin udara alias gak pakai radiator harus ditambah pendingin. Jika mesin kepanasan efeknya tenaga turun.
  2. Risiko lainnya adalah dengan kompresi tinggi usia komponen lainnya lebih pendek, seperti bearing kruk-as.

Namun jika kompresinya hanya naik 9,7 : 1 masih cukup aman. Apalagi Honda BeAT sudah memakai kipas pendingin untuk blok silindernya.

Artikel Terkait :

Referensi : otomotifnet.gridoto.com

Be the first to comment

Leave a Reply