Daihatsu Gandeng Toyota Buat Mobil Listrik ?

aliansi-toyota-daihatsu
(Foto: Auto.ndtv.com) aliansi-toyota-daihatsu

RiderTua Mobil – Toyota dan Daihatsu sudah lama melakukan kerja sama. Tak hanya di Jepang, tetapi juga di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa mobil kembar yang dibuat oleh produsen mobil ini, seperti Avanza-Xenia dan Calya-Sigra. Daihatsu gandeng Toyota buat mobil listrik.

Baca juga: Harapan Toyota di ‘Babak’ Kedua Pasar Otomotif Indonesia
2017 Toyota Prius Prime (plug-in hybrid)

Daihatsu Gandeng Toyota Buat Mobil Listrik ?

Sementara itu, era kendaraan listrik di Indonesia akan segera datang. Tentunya produsen mobil sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi era ini. Seperti mobil listrik mana yang akan dijual atau diproduksi di Tanah Air.

Toyota Astra Motor (TAM) masih belum memastikan apakah mereka masih gandeng Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk membuat mobil listrik atau tidak. Walaupun begitu, peluangnya masih cukup besar, mengingat sebagian mobil Toyota di Indonesia diproduksi oleh ADM.

Selain itu, TAM belum memiliki kapasitas khusus mobil listrik di pabriknya. Namun TAM masih menargetkan di tahun 2025 nanti, elektrifikasi 20 persen bisa tercapai.

(Foto: viva)

Dengan begitu TAM harus bersiap merakit mobil listrik di tahun 2021, dengan TKDN sebesar 35 persen. TAM berharap, pemerintah Indonesia bisa menyediakan pabrik khusus pembuatan baterai mobil listrik. Dengan begitu, harga mobil listrik bisa ditekan dan dijual lebih murah dari mobil bensin.

Kerja sama membuat mobil listrik juga akan dilakukan oleh Mitsubishi dan Nissan. Meskipun keduanya masih ragu akan keputusan ini.

Referensi: Detik.com (16/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply