Datsun Tetap Bertahan dari Gempuran Rival di Indonesia

(Foto: drive.ru)

RiderTua Mobil – Penjualan Nissan Motor Indonesia (NMI) akhir-akhir ini terlihat lesu. Ini karena produsen mobil ini jarang mengeluarkan mobil baru. Sebelum akhirnya NMI merilis Livina dan Serena facelift, serta SUV Terra di Indonesia. Datsun tetap bertahan dari gempuran rival di Indonesia.

Baca juga: Pabrik Nissan di Indonesia Ternyata Sudah Stop Produksi
(Foto: car24.com)

Datsun Tetap Bertahan dari Gempuran Rival di Indonesia

Dengan kehadiran tiga mobil baru ini, penjualan NMI perlahan naik. Livina kini menjadi tumpuan penjualan Nissan, mengingat mobil ini bersaing ketat di segmen mobil sejuta umat, low MPV.

Namun jika membicarakan Nissan, tentu tidak lengkap tanpa Datsun. Bagaimana nasib Datsun selama masa-masa suram Nissan?

Ternyata saat penjualan Nissan menurun, Datsun juga ikut kena dampaknya. Penyebabnya sama, minimnya major facelift atau mobil baru membuat angka penjualannya tidak terlalu bagus. Padahal Datsun baru meluncurkan city car Cross.

Selain itu, tren mobil LCGC juga memberi dampak penurunan penjualan. Entah mengapa penjualan mobil LCGC sudah menunjukkan penurunan. Sebagian menganggap kehadiran kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik atau hybrid menjadi penyebabnya.

Walau dengan kehadiran Cross, mobil kota ini tak dapat memberi penjualan yang cukup besar. Bahkan di bulan-bulan sebelumnya, Cross hanya terjual tak lebih dari 20 unit. Namun setelahnya, penjualannya kembali naik.

Cross masih butuh waktu untuk bisa bersaing di segmennya. Sementara Datsun Go dan Go+ Panca masih harus bertahan di segmen LCGC.

Referensi: Detik.com (30/07/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply