Obat Rindu, Kapan Kawasaki Balik ke MotoGP Ya?

RiderTua MotoGP – Tentunya banyak dari kita yang merindukan tim yang identik dengan warna hijau ini kembali bertarung di lintasan. Kawasaki turun ke MotoGP sejak 2002 dimana merupakan kolaborasi dari pabrikan Jepang dengan organisasi Harald Eckl. Kawasaki Motors Racing adalah anak perusahaan Kawasaki Heavy Industries di Eropa ( Belanda), yang bertanggung jawab mengelola tim MotoGP. Kapan Kawasaki balik ke MotoGP ya?

Tahun 2007 kolaborasi Kawasaki dan Harald Eckl pecah. Untuk pertama kalinya sejak Kawasaki turun ke MotoGP, tim tersebut menjadi tim pabrik ‘in house’ yang lengkap, di bawah kendali direktur balap Ichiro Yoda. Alasan perpecahan itu adalah keterlibatan Harald Eckl dengan kegiatan MotoGP kompetitor, yang memaksa Kawasaki untuk menghentikan hubungan dengan segera.

Identitas pesaing yang dituduhkan tidak diungkapkan, indikasinya adalah tim SRT Ilmor. Eckl sebelumnya bekerja dengan Suter Racing Technology (SRT), saat perusahaan Eskil Suter merancang sasis Ninja ZX-RR. Disinyalir ada dugaan telah membantu Mario Illien dan Suter untuk membentuk tim baru mereka.

Inilah Penampakan Motor Terakhir Kawasaki di MotoGP

Periode tahun 2007-2008 akibat krisis ekonomi global dan berimbas pada krisis finansial internal, Kawasaki Racing Team terpaksa harus mundur dari ajang MotoGP. Tahun 2009 adalah musim terakhir Kawasaki di ajang MotoGP, dengan “nafas terakhir” turun dengan tim Hayate Racing Team. Kawasaki kini fokus di ajang Superbike World Championships. Dan hingga kini belum akan kembali ke ajang MotoGP karena masalah keuangan.

Kapan Kawasaki Balik ke MotoGP Ya?

Masalah keuangan pabrikan salah satunya memang bersumber dari penjualan motor. Kawasaki tidak bisa menjual sebanyak tim yang sekarang berlaga di MotoGP. Tim “kaya” di MotoGP ( Honda, Yamaha, Ducati dll) hanya menggunakan anggaran satu persen dari penjualan mereka, seperti dikutip dari laman Motorsport.com. Kawasaki masih kalah dari segi penjualan sepeda motor dibanding Yamaha dan Honda dan Yamaha.
Apalagi persaingan MotoGP saat ini butuh dana pengembangan motor yang tidak sedikit, gaji pembalap semakin tinggi. Dimana dalam segi kompetisi, pembalap tim Kawasaki tertinggal. Sepertinya sulit harapan dari Kawasaki untuk segera kembali ke MotoGP. Mereka sudah terlalu lelap tertidur dan lebih fokus di Superbike.

Be the first to comment

Leave a Reply