Quartararo Yamaha Spek B, – 500 RPM, Top Speed -7 KPJ, Jika Ditukar M1 Vinales di Assen ?


RiderTua MotoGP – Ada yang menarik dari gelaran MotoGP seri Assen – Belanda minggu lalu. Dibarisan depan ada dua Yamaha yang berebut posisi podium. Maverick Vinales adalah pembalap tim resmi Monster Yamaha (Yamaha M1 2019 Spek A) sedangkan Fabio Quartararo pembalap tim satelit Petronas SRT ( Yamaha M1 2019 Spek B). Apa perbedaan M1 Quartararo dan Vinales ?

Perbedaan M1 Quartararo dan Vinales

Pertama kita lihat persamaannya dulu dimana keduanya sama-sama memakai M1 versi terbaru 2019. Secara fisik luar memang sulit dibedakan namun yang terlihat jelas adalah :

  1. Pemakaian garpu depan Ohlins serat karbon pada motor Vinales. Disisi lain Quartararo memakai garpu aluminium yang lebih lama dipakai. Apakah pemakaian garpu karbon akan membuat perbedaan ? Jawabnya relatif, karena Morbidelli yang memakai garpu karbon ( motor spek A) juga tidak lebih cepat dari Quartararo..
  2. Perbedaan kedua adalah putaran mesin Quartararo memiliki 500 RPM lebih rendah dari Vinales.. Apakah ini juga membuat perbedaan? lagi lagi bisa kita bandingkan dengan Morbidelli..

Untuk masalah garpu aluminium Quartararo walau model lama namun juga mendapat peningkatan (upgrade) dari garpu alumi spek-lama.

Pengurangan rpm mesin Quartararo bertujuan agar mesin lebih awet karena dia mendapat jatah lebih sedikit (spek B). Sehingga dengan penurunan putaran mesin maka kuota atau jatah mesin Quartararo cukup dipakai untuk satu musim. Tidak bisa disangkal, dilihat dari top speednya saat di Assen terlihat kecepatan tertinggi (top speed) mesin Spek B adalah 300 km/ jam atau lebih rendah 7 km per jam dari Yamaha Vinales.

Bagaimana Jika M1 Quartararo Ditukar Motor Vinales di Assen ?

Pertanyaannya bagaimana jika antara Quartararo dan Vinales bertukar motor siapa yang akan lebih cepat ?. Kelebihan Vinales adalah dia lebih paham M1 karena lebih lama di Yamaha (3 tahun) sedangkan Quartararo adalah rookie alias orang baru. Kelebihan Quartararo adalah gaya balapnya yang halus dan hampir mendekati gaya Lorenzo dan dia adalah pembalap yang cepat belajar dan penurut. Satu lagi kekurangan Quartararo adalah dia dalam kondisi cedera tangan, sehingga seri Assen kemarin Vinales sudah menang 3 set ( mesin, pengalaman dan fisik).

Kesimpulan : Tahun depan dan mendatang, Quartararo akan menjadi pembalap andalan dan menakutkan di Yamaha jika kondisinya 100% fit dan memakai Yamaha Spek A !

2 Comments

  1. Assen kemarin Vinales sudah menang 3 set ( mesin, pengalaman dan fisik).

    1 lagi Tee
    Karena faktor mv12 mengalagkan mm93 di assen kesempatan itu ada jadi di manfaat kan maximal

  2. tinggal 1 yg jdi pertanyaan tee .. bisa nggk quartararo konsisten d semua sirkuit kayak markuntet. paling ntar d jeres sama assen doang

Leave a Reply