Hasil FP2 MotoGP Catalunya 2019 : Quartararo Rider Tercepat Yamaha, Memimpin atas Dovi dan Nakagami !


RiderTua MotoGP – Latihan bebas (FP2) MotoGP Catalunya mungkin catatan waktunya sedikit lebih lambat karena sebelumnya di akhir sesi kelas Moto3 lintasan diguyur hujan.. Kabar baiknya adalah bendera hujan (rain flag) tidak muncul dan pembalap MotoGP langsung menuju lintasan untuk lakukan putaran waktu FP2 . Dan berikut Hasil FP2 MotoGP Catalunya 2019

Quartararo Rider Tercepat Yamaha

Danilo Petrucci dibelakang rekan setimnya Dovizioso, menetapkan waktu lap tercepat ketiga setelah hanya berada di posisi ke-18 di FP1. Apakah berkat bantuan ‘moral’ Dovi lagi dia menjadi cepat. Sementara itu Marquez berada tepat di belakang dua pembalap resmi Ducati  dan lagi-lagi hampir jatuh akibat selip ban depan ( front end)..

Kondisi lintasan yang lebih dingin setelah hujan menyebabkan beberapa pembalap tergelincir. Namun seperti biasa pembalap muda yang suka trek basah yaitu Miller menjadi yang tercepat. Lebih cepat  0,103 detik dibandingkan pembalap Ducati Dovizioso. Crutchlow pembalap tercepat untuk motor Honda berada di posisi ketiga dan Petrucci keempat. Sementara posisi kelima ada Zarco yang terlihat lebih menjanjikan dengan swing arm karbon barunya….

Ketika waktu menyisakan 26 menit lagi … Miller menjadi yang tercepat di FP2 dengan 1.40.9 detik dimana waktu Marquez di FP1 adalah 1 40.6 detik.. Strategi Miller untuk latihan ini adalah Miller tidak fokus untuk mencari waktu tercepat saat latihan, namun mencari kecepatan saat balapan (Race Pace) sesungguhnya untuk minggu, gunakan ban baru dan melaju secepatnya mirip simulasi balap..

Ketika waktu menyisakan 18 menit lagi, Dovizioso mampu mematahkan keunggulan waktu Miller 0,011 detik lebih cepat. Beberapa nama besar saat ini berada di luar sepuluh besar seperti Rossi ke-13, Vinales posisi 14 dan Lorenzo berada di urutan 15.

Alex Rins melesat dari posisi ketiga di belakang Miller dan Dovizioso, ke posisi pertama dan menjadi yang tercepat dengan 0,221 detik di depan Dovizioso menggunakan ban medium. Joan Mir dengan Suzuki berada  di lima besar. Rins masih tercepat di FP2 namun 0,1 detik lebih lambat dari catatan waktu  Marquez di FP1.

Valentino Rossi membaik

Marquez lebih banyak melakukan putaran kali ini dengan ban lunaknya. Morbidelli urutan ke-7 dan Zarco berada di posisi ke-8 di FP2, tetapi masih di luar sepuluh besar untuk waktu kombinasi ( FP1-FP2).

3 menit jelang akhir FP2 Rossi memakai ban lunak ( soft) dan melejit dari posisi ke- 15 ke posisi ke- 2, sempat menyalip Marquez. Sementara anak didik Rossi, Rookie Bagnaia berada di posisi ketiga.. Posisi teratas banyak perubahan dengan cepat Morbidelli ambil alih Dovizioso sebagai pimpinan , kemudian Quartararo menempati urutan kedua.

Joan Mir jatuh, Nakagami dan Pol Espargaro masing-masing naik ke urutan ke-3 dan ke-4. Rossi meningkatkan catatan waktunya walau hanya berada di posisi ke- 7. Marquez hanya mampu berada di posisi ke-17 di sesi  FP2 ini. Rookie Fabio Quartararo mencatatkan waktu terbaik untuk menit-menit terakhir dan menempati  Posisi tercepat (P1) dengan waktu lebih cepat 0,281 detik dengan ban soft..

Hasil FP2 MotoGP Catalunya 2019 ( 10 besar) :

1. Quartararo 2. Dovizioso 3. Nakagami 4. P. Espargaro 5. P Bagnaia 6. Morbidelli 7. Rossi 8. Petrucci 9. Crutchlow 10. Rins

Be the first to comment

Leave a Reply