‘Tangki Bersayap’ Lorenzo Ini Menjawab Teka-Teki Ergonomi atau Justru Komplikasi ?


RiderTua MotoGP – Jorge Lorenzo berada di trek Catalunya pada hari Jumat dengan modifikasi pada tangki RC213V-nya. Tujuannya adalah agar dia nyaman saat bermanuver dan “menjepit” motor dengan nyaman pula. Namun desain ini masih dalam tahap uji coba langsung.. ‘Tangki Bersayap’ Lorenzo menjawab teka-teki ergonomi atau justru komplikasi masalah?

Perjalanan Jorge Lorenzo ke Jepang menghasilkan perubahan pertama. Dalam FP1 GP Catalunya di tangki Honda RC213V-nya muncul semacam tangki yang ber’sayap’, solusi ini diharapkan akan membuat dia lebih nyaman dan dengan harapan memiliki lebih banyak kekuatan selama pengereman dan menikung. Tentunya itu bukan solusi yang akan membuatnya lebih cepat, tetapi pembalap Spanyol itu menyebutnya sebagai bagian pertama dari jawaban sebuah teka-teki. Pada konferensi pers dia menegaskan bahwa dia tidak ingin mendikte garis pengembangan motor prototipe Jepang itu, tetapi hanya untuk membuatnya lebih nyaman dan lebih mudah baginya. Permintaan semacam ini sebelumnya juga pernah diajukan oleh pembalap satelit Cal Crutchlow, tetapi seringkali gagal.

‘Tangki Bersayap’ Lorenzo Menjawab Teka-Teki Ergonomi atau justru Komplikasi ?

Modifikasi ini sedikit mirip dengan yang dia lakukan saat di Ducati. Dimana tahun lalu dia berhasil menang di Mugello dan Catalunya dengan modifikasi tangki juga. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan lebih banyak bantuan bagian ‘paha dalam’ Lorenzo agar posisinya badannya lebih rileks. Saat ini di motor Ducati Tito Rabat, Jack Miller dan Pecco Bagnaia dipasang pelapis yang dipasang di kedua sisi tangki. Tetapi sepertinya membatasi pergerakan pembalap. Untuk Jorge Lorenzo ini adalah hal baru di akhir pekan ini di Barcelona, ​​tetapi tentunya “sayap di tangki” ini tidak akan membawa perubahan teknis atau aerodinamis, hanya kenyamanan Lorenzo, atau mungkin justru akan membatasi geraknya..?  Alih-alih mencari kenyamanan, malah menjadikan kesulitan pengendalian dan komplikasi masalah yang didapatnya menyulitkan gerakan Lorenzo sendiri…

Namun Lorenzo sendiri yang lebih tahu apa yang nyaman buat dia. Karena tipikal dia saat menikung adalah selalu “melekat” di atas motor. Beda dengan Marquez yang lebih agresif dan beloknya “patah-patah”..

Dan untuk hasil uji coba tangki baru ini Jorge Lorenzo, saat latihan bebas pertama hari ini berada di posisi ke-17, dan meningkat ke posisi ke-13 di FP2 Catalunya..

Be the first to comment

Leave a Reply