Kacau ! Akibat Aturan Baru, Dovi Pakai Shoei, Aleix Pakai Shark Bukan Suomy dan KYT !


RiderTua MotoGP – FIM (Federasi Motor Internasional) melakukan peninjauan kembali standar untuk persetujuan helm bagi pembalap MotoGP. Dampaknya pada seri Catalunya terjadi sedikit masalah dengan pembalap yang helmnya belum lolos homologasi. Daftar helm yang sudah, dalam proses uji dan penundaan bisa dilihat pada bagian akhir artikel ini. Namun akibat aturan baru, Dovi pakai Shoei, Aleix pakai Shark bukan Suomy dan KYT..

Dovi pakai Shoei, Aleix pakai Shark bukan Suomy dan KYT..

Setelah diumumkan oleh Komisi Grand Prix terakhir bahwa sudah diadakan peninjauan kembali, beberapa pabrikan berusaha secepatnya mengajukan  tahap lanjut agar helm mereka di-Homologasi untuk musim 2019. Namun bagi yang belum terpaksa pembalapnya memakai merk lain… Dovi yang seharusnya memakai Suomy harus memakai merk Shoei. Sedangkan Aleix Espargaro di tim Aprilia dikabarkan memakai helm Shark bukan KYT… ( pantauan jurnalis di Catalunya hari ini- Simon Patterson)

Seperti diberitakan sebelumnya perumusan program ini sudah berlangsung tiga tahun lalu ( 2016). Bertujuan untuk meningkatkan perlindungan bagi pembalap dan memenuhi kebutuhan akan keselamatan sistem helm untuk kompetisi. FRHP dibentuk atas bantuan pabrikan helm juga. Program ini menetapkan standar pengujian baru berbeda dengan standar yang ada saat ini… (UN ECE 22.05, Snell M2015, JIS T8133).

Helm yang lolos Homologasi

Berikut Daftar helm yang masih di pending ( tertunda )

Lolos Tes Homologasi  – FIM homologasi (pending)

NHK – GP-R TECH – size S, M

SUOMY (KYT) – SR GPR (SUOMY)- GPR (KYT) size M

Tes Homologasi ( pending)

AGV – PISTA GP RR sizes XS, S, MS, ML, L, XL, XXL

CAST – CM6 – sizes XS, S, M, L, XL

HJC – RPHA 01R size S

LS2 – FF323 ARROW size XS, S

Sumber : frhp.org/homologated-products, Simon Patterson@denkmit

Be the first to comment

Leave a Reply